Pengembangan Media Snakes and Ladders untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Silvina Andrianto Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Muthyara Daryus Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurhizrah Gistituati Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Ular Tangga, Proses Pembelajaran, Mata Pelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran ular tangga yang valid dan praktis pada mata pelajaran IPA kelas IV. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan. Media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar kepraktisan (angket respon guru dan siswa) dan lembar keefektifan (pertanyaan pre-test dan post-test). Hasil validasi media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran IPA kelas IV SD berada pada kategori sangat valid sebesar 94,1%. Media permainan tangga pintar yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik sebesar 96% dan keefektifan media ular tangga sebesar 0,81% dengan kriteria sangat efektif. Media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran IPA kelas IV SD yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Saran peneliti adalah media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran IPA kelas IV SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran di kelas.

References

Desyandri, Yesya, D. P., & Alwi, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 6(1), 1–10.

Muslich Masnur. 2018. Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional). Jakarta: Bumi Aksara.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sani, R. A., Suswanto, H. dan Sudiran. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tirta Smart.

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 3 (2), 183-190.

Sudjana. 2011. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Al Fabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Graup.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.

Wati, Hartini dan Resy. 2017. Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4 (2), 159.

Downloads

Published

03-06-2021

How to Cite

Andrianto, S. ., Daryus, M. ., & Gistituati, N. . (2021). Pengembangan Media Snakes and Ladders untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1865–1869. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1192

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check