Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Saniyah Oktarisma Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Neviyarni Neviyarni Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Irda Murni Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1225

Keywords:

Fase, Tugas Perkembangan, Anak SD

Abstract

Artikel ini membahas tentang fase dan tugas-tugas perkembangan pada anak SD. Seperti yang telah kita lihat fase serta tugas perkembangan yang dimiliki oleh anak berbeda sesuai dengan kondisi perkembangan anak tersebut. Berdasarkan penelitan melalui kajiann pustaka yang dilakukan, diperoleh hasil siswa sekolah dasarr berada fase kanak-kanak akhir. Inilah yang menjadi sebuah alasan mengapa seorang guru atau calon guru perlu memikirkan fase pengembangan dan siswa di sekolah dasar. Adapun manfaat dari penelian ini adalah supaya guru diseluruh dunia meningkatkan pemahaman akan peran dalam mencapaii tugas-tugas perkembangan pesertaa didik serta meningkatkan hubungann guru dan orangtua secara efektif dalam mencapai tugas-tugas perkembangan peserta didik. Sekolah merupakan bagian dari pendidikan, dimana di sekolah terdapat peserta didik yang membutuhkan bimbingan dan perhatian untuk mengembangkan dan mencapai potensinya secara optimall. Banyak perencanaan yang dibuat oleh sekolah dalam mewujudkan tujuantujuan yang hendak dicapai melalui pendidik terhadap para peserta didiknya.

References

Harahap, N. 2014. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’. Vol 8. No.1

Havighurst, R.J. 1984. Perkembangan Manusia dan Pendidikan. Bandung: Jemmers

Jannah, Miftahul. Tugas-tugas perkembangan pada usia kanak-kanak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 2015, 1.2: 87-98.

Murni. 2017. Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososiall Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. Jurnal Ar raniry. Vol 3. No.1.

Prayitno, Elida. (2006). Buku Ajar Perkembangann Anak Usia Dini dan SD. Padang: Angkasa Raya

Sumantri, M. 2014. Modul 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

15-06-2021

How to Cite

Oktarisma, S., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2527–2530. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1225

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check