Analisis Lingkungan Eksternal dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada PT. Telkom Indonesia Tbk

Authors

  • Kuspita Sari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Nurliza Nurliza Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas, Indonesia
  • Mari Fahtul Nur Fatimah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas, Indonesia
  • Vera Melvia Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas, Indonesia
  • Annie Mustika Putri rogram Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Keywords:

Analisis, Ancaman, Peluang, Lingkungan Eksternal

Abstract

PT. Telkom Indonesia Tbk menjadi salah satu perusahaan yang terkena dampak pandemi covid-19. Untuk beradaptasi di tengah pandemi covid-19, perusahaan bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital (digital telco) yang berfokus pada digital services, digital platform, dan digital connectivity. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan eksternal perusahaan dan strategi yang dapat diambil dalam menghadapi persaingan pada PT. Telkom Indonesia Tbk. Penelitian ini menggunakan model penelitian analisis kualitatif deskriptif karena menggunakan tabel dan grafik untuk menjelaskan untuk menjelaskan hasil penelitian dan di analisis menggunakan analisis lingkungan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi perusahaan terhadap llingkungan eksternal memiliki posisi yang kuat dengan mendapatkan persentase laba bersih teratas setiap tahunnya dibandingkan perusahaan telekomunikasi sejenis. Berdasarkan analisis lingkungan eksternal, perusahaan menerapkan strategi konsep Build, Borrow, dan Buy dalam menghadapi pesaing.

References

Abdullah, M. I., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. (2021). Strategi Pemasaran Produk Indihome PT. Telekomunikasi Manado. Productivity, 2(1), 63–68.

Hakim, F., & Tenggara, A. F. M. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Indihome Pt.Telkom Witel Bandung. E-Proceding of Management, 4(1), 670–677.

Kampar, T., Usaha, K., & Bugi, L. (n.d.). Analisis lingkungan industri makanan tradisional kampar (kasus usaha lopek bugi) di kecamatan tambang danau kabupaten kampar.

Priansa, D. J., & Kurniati, A. T. (2017). Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Indihome Pt. Telekomunikasi Indonesia Witel Solo). E-Proceeding of Applied Science, 3(2252), 513.

Putu Rani Susanthi. (2017). Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan ( Studi Kasus Stie Galileo Batam ). Jurnal Elektronik Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 30–42.

Ricardo, M. (n.d.). Pengembangan manajemen strategi pada PT Telkom dengan menggunakan analisa SWOT.

Yulianti, D. (2014). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan (Studi Kasus di PT.Yulianti, D. (2014). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan (Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung). Jurn. Jurnal Sosiologi, 16(2), 103–114.

Nurhastuti. (2019). Evaluasi strategi dalam menghadapi persaingan bisnis.

Elisa.(1999).Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal. 40–64. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:nZbXxtspsk4J:elisa.ugm.ac.id/user/archive/download/24062/b69c27dcc82cc712e3387f9fe533cbfd+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Fay, Daniel Lenox. 1967. “Lingkungan Eksternal.” Angewandte Chemie International Edition,

(11), 951–952. (1996): 16–44.

“27666-ID-Keunggulan-Bersaing-Dan-Modal-Intelektual.Pdf.”

Downloads

Published

16-07-2021

How to Cite

Sari, K. ., Nurliza, N., Fatimah, M. F. N. ., Melvia, V. ., & Putri, A. M. . (2021). Analisis Lingkungan Eksternal dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada PT. Telkom Indonesia Tbk. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3051–3056. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1340

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check