Speech Act Directive In Film Ajari Aku Islam Tindak Tutur Direktif Dalam Film Ajari Aku Islam

Authors

  • Sri Marlina Jurusan Bahasa dan Seni, Universitas Riau, Indonesia
  • Elmustian Elmustian Jurusan Bahasa dan Seni, Universitas Riau, Indonesia
  • Charlina Charlina Jurusan Bahasa dan Seni, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1481

Keywords:

Tindak tutur, direktif, Ajari Aku Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif dalam film Ajari Aku Islam. Film Ajari Aku Islam merupakan film bergenre religi yang menceritakan cinta beda agama antara pemuda Tionghoa yang ingin mempelajari tentang agama Islam melalui perempuan muslim yang telah membuat pemuda tersebut jatuh cinta. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Sumber data penelitian ini diperoleh dari film Ajari Aku Islam yang tayang pada 17 Oktber 2019. Data dalam penelitian ini berupa tuturan-tuturan pemain film Ajari Aku Islam yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik simak dan teknik catat. Kemudian, data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian ditemukan terdapat delapan jenis tindak tutur direktif dalam film Ajari Aku Islam, yaitu permintaan, pertanyaan, perintah, ajakan, kritikan, larangan, pemberian izin, dan nasihat.

References

Charlina. (2017). Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Pekanbaru: FKIP Universitas Riau.

Gani, E. (2019). Komponen-komponen Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Ibrahim, S. (1993). Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Moloeng, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Permana, R. S. (2019). Industri Film Indonesia Dalam Perspektif Sineas Komunitas Film Sumatera Utara. ProTVF. Vol 3 (2), 185-199.

Prayitno, H. J. (2011). Kesantunan Sosiopragmatik Studi Pemakaian Tindak Tutur Direktif di Kalangan Andik SD Berbudaya Jawa. Surakarta: Muhammadiyah Universitas Press.

Rahardi, K. (2019). Prgamatik Konteks Intralinguistik dan Konteks Ekstralinguistik. Yogyakarta: Amara Books.

Downloads

Published

09-08-2021

How to Cite

Marlina, S. ., Elmustian, E., & Charlina, C. (2021). Speech Act Directive In Film Ajari Aku Islam Tindak Tutur Direktif Dalam Film Ajari Aku Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2827–3842. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1481

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check