Adanya Integritas Bangsa Indonesia di Tengah Modernisasi di Kalangan Muda

Authors

  • Widianti Nurohmah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yayang Furi Furnamasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2296

Keywords:

integritas, modernisasi, kalangan muda

Abstract

Teknologi dan informasi yang begitu pesat pada abad ke 21 ini telah menyebabkan politik, ekonomi, batas-batas negara, dan budaya. Keberadaan negara dalam kemudahan interaksi di masa modernisasi ini seakan hanya sebagai penghalang dan pembatas dalam segala hal, seperti dalam segi ekonomi, budaya, dan lain sebagainya. Maka dalam hal ini kalangan muda banyak berpendapat bahwa integrasi nasional ini tidak lagi diperlukan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan memberi gambaran tentang integrasi nasional yang semakin memudar di tengah modernisasi di kalangan muda saat ini. Pengambilan data ini menggunakan metode studi literatur dengan mencari referensi-referensi dari jurnal-jurnal yang relevan dan yang sejenis untuk dianalisis datanya. Jurnal dikumpulkan dengan menelusuri internet melalui Google Scholar.

References

Abdillah, Taufik. (2010). Pemuda dan Perubahan Sosial. Jakarta: Jalan Sutra.

Budiyanto. (1997). Dasar-Dasar Ilmu Tata Negara. LAN.

Depdikbud RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Irhandayaningsih, A. (2012). PERANAN PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN NASIONALISME GENERASI MUDA DI ERA GLOBAL. Pengajar Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.

Karundeng, O. N. (2016). PERSEPSI PEMUDA MENGENAI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Pada Pemuda Di Kelurahan Tumatangtang Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon). Acta Diurna Komunikasi, 5(4).

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194.

Nasution, Harun. (1975). Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Penerbit Bulan Bintang

Seputar Pengetahuan. 2015. Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap. http://www.seputarpengetahuan.com/2015/10/5-pengertian-globalisasimenurut-para-ahli-lengkap.html

Singgih D Gunarsa dan Yulia D Gunarsa, (1992) Psikologi Perkembangan.

Soyomukti, Nurani. (2008). Pendidikan Perspektif Globalisasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suhady, I., Sinaga A.M. (2006). Wawasan Kebangsaan dalam Rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Suwito, Anton. (2014). Membangun Integritas Bangsa di Kalangan Pemuda untuk Menangkal Radikalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume IV, No 2.

Sztompka, Pior. (2002). Teori Perubahan Sosial. Jakarta: Renika Cipta.

Rajasa.(2007). Kongres Pancasila IV. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

23-11-2021

How to Cite

Nurohmah, W. ., Dewi, D. A. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Adanya Integritas Bangsa Indonesia di Tengah Modernisasi di Kalangan Muda. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8045–8049. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2296

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check