Kelayakan Masker Daun Nangka dan Tepung Beras Untuk Perawatan Kulit Berjerawat

Authors

  • Retno Ghani Hanafiah Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Murni Astuti Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan, Universitas Negeri Padang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2957

Keywords:

Masker, Daun Nangka, Tepung Beras, Kulit Berjerawat

Abstract

Kandungan flavonoid dan saponin yang terdapat dalam daun nangka dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Tepung beras bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah serta berfungsi sebagai perekat sehingga masker dapat menempel pada kulit wajah. Penelitian ini bertujuan untuk: a) menganalisis cara pembuatan masker daun nangka dan tepung beras untuk perawatan kulit berjerawat, b) menganalisis kandungan flavonoid dan saponin yang terdapat pada masker daun nangka untuk perawatan kulit berjerawat, dan c) imenganalisis ikelayakan itekstur, iaroma, daya lekat idan ikesukaan ipanelis i(Uji iOrganoleptik). iPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen. Objek penelitian ini adalah daun nangka dan tepung beras. Tempat untuk melakukan uji kandungan flavonoid dan saponin yang terkandung dalam masker dilaksakan di iLaboratorium iKimia iFMIPA UNP idan tempat iuji iorganoleptik idilakukan idi iLaboratorium iJurusan iTata iRias dan Kecantikan iFPP iUNP. iBerdasarkan hasil penelitian proses pembuatan masker daun nangka dan tepung beras dalam penelitian ini dibuat berupa bubuk. Kualitas masker daun nangka dan tepung beras berdasarkan uji hasil laboratorium menunjukkan bahwa terdapat kandungan flavonoid sebesar 0,0011% dan saponin sebesar 0.1470%. Berdasarkan uji organoleptik pada aspek penilaian tekstur, daya lekat, dan kesukaan masker dengan perbandingan 20:80 lebih disukai dibandingkan perbandingan 30:70 dan 40:60. Sedangkan pada aspek aroma masker dengan perbandingan 40:60 lebih disukai dibandingkan perbandingan 20:80 dan 30:70. Disarankan iuntuk ipenelitian iselanjutnya mengenai imasker idaun inangka idan itepung iberas iagar idapat ilebih idikembangkan serta idisempurnakan ilagi.

References

Astuti, M. (2022). Kelayakan Masker Gel Daun Binahong Untuk Perawatan Kulit Wajah. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, 13(02), 56-64.

Shufyani, F., Kartika, D., & Sinurat, J. P. (2021). Sosialisasi Sediaan Krim Ekstrak Daun Nangka (Artocarpus Heterophyllus l.) terhadap Bakteri Propionibacterium Acne. Jurnal pengmas kestra (JPK), 1(1), 31-33.

Shufyani, F., Kartika, D., & Sinurat, J. P. (2021). Sosialisasi Sediaan Krim Ekstrak Daun Nangka (Artocarpus Heterophyllus l.) terhadap Bakteri Propionibacterium Acne. Jurnal pengmas kestra (JPK), 1(1), 31-33.

Devi , Nirmala. (2012). Gizi Anak Sekolah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

Tadda, C., Cheatham III, T. E., Simmerling, C. L., Wang, J., Duke, R. E., Luo, R., ... & Kollman, P. A. (2012). AMBER14 Reference Manual. University of California, San Francisco,.

Kayahara H, dan Tsukahara K (2000), Rasa, kesehatan, dan gizi kualitas praber kecambah beras merah, International Chemical Congress of Pacific Basin Societies in Hawaii.

Rahayu, Debrina Ika. 2013. Pengaruh Penambahan Berbagai Komposisi Kayu Manis dan Madu dalma Pembuatan Acne Lotion Terhadap Penyamaran Noda Jerawat pada Kulit Wajah Berminyak. E-Jurnal 02(03): 99.

Rahmawati, Irma Diana. (2018). Pengaruh Proporsi Bayam Hijau (Amaranthus Tricolor L) Dan Tepung Beras (Oryza Sativa L) Terhadap Hasil Jadi Masker Tradisional. Jurnal Tata Rias, 44-51.

Novita, Widya. (2009). Buku Pintar Merawat Kecantikan Dirumah-Kumpulan Tips Praktis dan Murah Merawat Kecantikan dari Ujung Rambut Hingga Ujung Kaki. PT. Gramedia Pustaka: Jakarta

Muliyawan, D. (2013). AZ tentang Kosmetik. Elex Media Komputindo.

Tilaar, M. (2012). Facial Pedia. Jakarta: Salon Pro.

Downloads

Published

31-01-2022

How to Cite

Ghani Hanafiah, R., & Astuti, M. (2022). Kelayakan Masker Daun Nangka dan Tepung Beras Untuk Perawatan Kulit Berjerawat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2957

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check