PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA

Main Article Content

Dessy Amelia
Firman Firman
Rusdinal Rusdinal

Abstract

Pendidikan dalam arti luas adalah kegiatan didik-mendidik yang terjadi di mana  dan kapan saja. Sistem pendidikan yang tidak representatif pada masa kolonial telah melatarbelakangi munculnya pemikiran-pemikiran pendidikan dari kalangan bumiputra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran pendidikan Mohammad Hatta secara luas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research), yang dikumpulkan melalui arsip-arsip, buku-buku,karya-karya Bung Hatta, maupun sumber-sumber data lain yang relevan dengan masalah penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif-eksploratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Mohammad Hatta bertujuan untuk memerdekakan manusia. Pemikiran tersebut terbagi atas pemikiran pendidikan politik, ekonomi, dan sosial yang diaktualisasikan melalui PNI Baru. Selain PNI Baru, Mohammad Hatta juga mengaktualisasikan pemikiran pendidikannya melalui berdirinya Sekolah Tinggi Islam (1945) dan lingkungan keluarga dalam mendidik ketiga putrinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amelia, D., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1506-1513. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/393

References

Achmadi, 2005, Idielogo Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakakarta.
Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2002, Metodologi Pendidikan Agama Islam Buku Kedua, Departemen Agama RI Tidak Diperjualbelikan, Jakarta.
Gemala Rabi’ah Chalil Hatta. 1980. “Disiplin yang Ditanamkan dalam Rumah Tangga”, dalam Meutia Farida Swasono (ed.), Bung Hatta Pribadinya dalam Kenangan, UI Press & Penerbit Sinar Harapan, Jakarta.
Hadari Nawawi, 2003, Metodologi Penelitian Bidang Sosisal, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Hatta, B. 2000. Karya Lengkap Bung Hatta (Kemerdekaan dan Demokrasi). PT. Tema Baru, Jakarta.
Hatta, M. 2009. Demokrasi Kita (Pikiran-pikiran Tentang Demokrasi dan Kedaulatan Rakyat). SEGAARCY, Bandung.
Hatta, M. 2015. Mendayung Di Antara Dua Karang.SEGAARSY, Bandung.
Hatta. 2016. Jejak Yang Melampui Zaman. PT. Gramedia, Jakarta.
Komaruddin, 1991, Metode Penelitian Kualitatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Meutia Farida Hatta, Gemala Rabi’ah Hatta, & Halida Nuriah Hatta, (2015), Bung Hatta di Mata Tiga Putrinya, Kompas, Jakarta.
Meutia Farida Swasono, 1980, “Ayahanda: Pribadinya dalam Kenanganku”, dalam Meutia Farida Swasono (ed.), Bung Hatta Pribadinya dalam Kenangan, UI Press & Penerbit Sinar Harapan, Jakarta.
Saifuddin Azwar, 2010, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
S. Margono, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Thomas Lickona, 2013, Educating for Character, Bumi Aksara, Jakarta.
Tatang M. Amirin, dkk., 2013, Manajemen Pendidikan, UNY Press, Yogyakarta.
Arba’iyah Yusuf. 2012. Belajar Tanpa Batas, Jurnal Pedagogia, Vol. 1, No. 2.
Eko Maulana. 2014. Pemikiran Politik Sutan Sjahrir Tentang Revolusi. Jurnal Review Politik. Volume 04, Nomor 01.
Muthoifin, Didin Saefuddin, Adian Husaini. 2013. Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 2.