Penggunaan Konjungsi Subordinatif dalam Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye

Authors

  • Shinta Shinta Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia
  • Auzar Auzar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia
  • Charlina Charlina Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4482

Keywords:

Konjungsi, Konjungsi Subordinatif, Novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan makna konjungsi subordinatif pada novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data murni yang terdapat dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Data-data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dengan teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian dalam penggunaan konjungsi subordinatif pada novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye banyak digunakan pada awal kalimat dan tengah kalimat, sedangkan di akhir kalimat tidak ada yang menggunakan konjungsi subordinatif. Berdasarkan teori Charlina, makna konjungsi subordinatif ada sepuluh. Makna konjungsi subordinatif yang terdapat dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye yang ditemukan hanya sembilan makna, satu makna tidak ditemukan.

References

Alwi, H., Soenjono, D ., Hnas, L ., Anton, M., & Moelino. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Charlina. (2017). Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Hidayanti, S., & Markhamah, M. (2019). Analisis Penggunaan Konjungsi Subordinatif pada Karangan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kridalaksana, H. (2007). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia (Edisi Kedua). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lubis, A., & Hamid, H . (2010). Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Mafrukhi, W., Prasetyo, U., Rumiyanto, & Imam, T. (2008). TOPSSiap Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia SMA. Jakarta: Erlangga.

Mutiadi, A. D., & Syamsudin, D. (2014). Analisis Konjungsi Koordinatif Dan Konjungsi Subordinatif Pada Novel Gurita David Karya Willy W. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(1).

Rahardi, K. (2009). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Satori, D., & Aan, K. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setiowati, Y., & Nasucha, Y. (2013). Konjungsi Subordinatif Dalam Tajuk Rencana Pada Surat Kabar SOLOPOS Edisi Desember 2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sinaga, M., Muhammad, N. M., Charlina., Anah, M., & IlhaM, H. (2015). Ketepatan Penggunaan Konjungsi Subordinatif Dalam Media Cetak. Jurnal Bahas. 10(2), 176-184.

Sudaryat, Y. (2009). Makna dan Wacana (Prinsip-Prinsip Semantik dan Pragmatik). Bandung: Yrama Widya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Yuefni, Y. (2021). Penggunaan Konjungsi Subordinatif Pada Tugas Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Cersa Pasaman (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).

Downloads

Published

01-07-2022

How to Cite

Shinta, S., Auzar, A., & Charlina, C. (2022). Penggunaan Konjungsi Subordinatif dalam Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13609–13615. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4482

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check