Kreativitas Gerak Tari dalam Randai Intan Sari Pada Sanggar Seni Minang Maimbau di Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar

Authors

  • Sri Intan Puspita Rifa Prodi Pendidikan Sendratasik Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nerosti Nerosti Prodi Pendidikan Tari Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Kreativitas, Gerak Tari, Randai Intan Sari Sanggar Seni Minang Maimbau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kreativitas Gerak Tari  Dalam Randai Intan Sari Pada Sanggar Seni Minang Maimbau Di Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan hanphone. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan menyimulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas gerak tari  dalam Randai Intan Sari pada Sanggar Seni Minang Maimbau di Nagari Koto Baru terdiri dari kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), keaslian (originality), elaborasi (elaboration) dan kepekaan (sensitivity). Kelancaran Randai Intan Sari harus mengutamakan stamina, tenaga, kekuatan penari karena pada Randai ini memiliki banyak gerak cepat yang harus dimainkan oleh penari. Kelenturan Randai Intan Sari memperhatikan kondisi pinggang, kondisi kudo-kudo, tangannya semua memiliki ketentuan, upaya yang dilakukan agar kelenturan terjaga adalah sricing untuk tangan, pinggang putar kiri dan kanan selama beberapa menit. Keaslian Randai Intan Sari tidak lepas dari unsur silek seperti sambah, kreativitas yang dilakukan pada aspek keaslian adalah Randai tersebut asli gerakan yuang diciptakan dari sangar Tari Intan Sari. Elaborasi Randai Intan Sari adalah kolaborasi Randai tradisional dan modern yang mana gerakannya adalah Sipak Alang Katabang dan gerakan ini dilakukan elaborasi dengan sikap hewan terbang dan hinggap ke dahan tayu dan dielaborasikan dengan tari. Kepekaan Randai Intan Sari dilihat dari unsur pemain dimana disini ada “ Goreh”, goreh ini adalah sebagai pemimpin, kreativitas dari aspek kepekaan adalah hentakan kaki mengiringi suaro sehingga dapat membentyuk kulit elang terbang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityawp. (2016). Pengertian dan Unsur Seni Dalam Randai di Minangkabau. Diakses dari http://dunia-blajar.blogspot.com/2016/01/pengertian-dan-unsur-seni-dalam-randai.html tanggal 28 juli 2021.

Amelia, N. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Rampak Bedug Di Sanggar Bale Seni Ciwasiat Pandeglang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya. Bandung.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya. Bandung.

Munandar, U. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi. Para Guru dan Orang tua. Jakarta: Gramedia

Nerosti, N. (2019). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Tari Galombang Gaya Sasaran: Studi Sasaran Sebagai Sarana Pendidikan Kultural. Dance and Theatre Review: Jurnal Tari, Teater, dan Wayang, 2(1).

Nerosti. (2021). Mencipta Dan Menulis Skripsi Tari. Depok: Rajawali Press.

Rachmawati. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas. Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Depdikbud. Jakarta.

Rusliana, Irma. (1990). Pendidikan Seni Tari. Jakarta: Depdikbud.

Sani, K. I. dan B. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Surabaya.

Sedyawati, Edi. (1984). Tari Tinjauan dari berbagai Segi. Jakarta : PT. Dunia.

Soedarsono. (1999). Perkembangan Seni di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks Permata Puri Media.

Zulkifli. (2008). Randai Sebagai Teater Rakyat Minangkabau: Alternatif Pembinaan Dan Pengembangan.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Intan Puspita Rifa, S., & Nerosti, N. (2023). Kreativitas Gerak Tari dalam Randai Intan Sari Pada Sanggar Seni Minang Maimbau di Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1552–1560. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5457

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check