Penerapan Kontroler Logika Fuzzy sebagai Sarana Pendidikan untuk Mengawasi Kesehatan Air di Tambak

Authors

  • Imam Sutrisno Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Indonesia
  • Edy Prasetyo Hidayat Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Indonesia
  • Bima Wahyu Raebawa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mat Sya'iin Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Indonesia
  • Boedi Herijono Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Indonesia
  • Urip Mudjiono Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5885

Keywords:

Tambak, Logika Fuzzy, Kesehatan Air

Abstract

Udang merupakan salah satu komoditas budidaya unggulan di Indonesia, hal ini dapat dilihat dari tingginya permintaan pasar terhadap udang, baik di pasar lokal maupun dari pasar internasional. Salah satu contoh jenis udang yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah udang vaname (Litopenaeus vannamei). Udang vaname atau disebut juga udang putih merupakan spesies udang yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, seperti Ekuador, Venezuela, Panama, dan Brazil. Selama ini di IBAP (Instalasi Budidaya Air Payau) Banjar Kemuning proses pengukuran parameter air secara manual dan tidak teratur mengakibatkan keterlambatan penanganan udang sakit. Melihat kondisi tersebut, penelitian ini akan membuat sistem yang mampu memantau dan mengklasifikasikan kondisi kualitas air pada tambak menggunakan metode fuzzy dengan parameter berupa pH, suhu, DO, TDS, dan kekeruhan air. Hasil klasifikasi dan pembacaan nilai parameter akan dikirimkan ke website. Berdasarkan hasil pengujian metode fuzzy rata-rata error pada toolbox Matlab dibandingkan Arduino adalah 1,06%. Sedangkan pada pengujian fuzzy menggunakan perhitungan manual dibandingkan dengan hasil pengujian pada toolbox Matlab terdapat error sebesar 0,44%

References

Jelita, I.N. (2021) KKP?: Sektor Perikanan Tumbuh 9,69% di Kuartal II 2021. Available from: https://mediaindonesia.com/ekonomi/423538/kkp-sektor-perikanan-tumbuh-969-di-kuartal-ii-2021 [Accessed 23 January 2022].

Imam sutrisno (2009), Pemrograman Komputer Dengan Software Matlab disertai contoh dan aplikasi skripsi dan thesis.

Imam Sutrisno, Muhammad Firmansyah, Romy Budhi Widodo, Ardiansyah Ardiansyah, Mohammad Basuki Rahmat, Achmad Syahid, Catur Rakhmad Handoko, Agus Dwi Santoso, Ari Wibawa Budi Santosa, Riries Rulaningtyas, Edy Setiawan, Edy Prasetyo Hidayat, Daviq Wiratno (2019), Implementation of backpropagation neural network and extreme learning machine of ph neutralization prototype.

Mohammad Abu Jami’in, Imam Sutrisno, Jinglu Hu (2015), The State-Dynamic-Error-Based Switching Control under Quasi-ARX Neural Network Model.

Imam Sutrisno, Albiyan Wanda Syauqi, Muhammad Khoirul Hasin, Mohammad Basuki Rahmat, I Putu Sindhu Asmara, Daviq Wiratno, Edy Setiawan (2020), Design of pothole detector using gray level co-occurrence matrix (GLCM) and neural network (NN).

Danis Bagus Setiawan, Agus Khumaidi, Projek Priyonggo, Mohammad Basuki Rahmat, Imam Sutrisno, Khoirun Nasikhin, Adi Wisnu Sahputera (2019), Ball Direction Prediction for Wheeled Soccer Robot Goalkeeper Using Trigonometry Technique.

Downloads

Published

11-01-2023

How to Cite

Sutrisno, I. ., Hidayat, E. P. ., Raebawa, B. W. ., Sya’iin, M. ., Herijono, B. ., & Mudjiono, U. . (2023). Penerapan Kontroler Logika Fuzzy sebagai Sarana Pendidikan untuk Mengawasi Kesehatan Air di Tambak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4014–4018. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5885

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check