Penyalahgunaan Masjid Raya Al-Jabar sebagai Tempat Rekreasi dalam Pandangan Islam

Authors

  • Hisny Fajrussalam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Adela Fauziah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Sulistia Janika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Tri Wahyuningtyas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Keywords:

Masjid Raya Al-Jabar, Penyalahgunaan, Solusi

Abstract

Masjid Raya Al-Jabar adalah bangunan yang berdiri kokoh dengan arsitektur yang unik. Keunikan dari arsitek bangunannya membuat banyak orang ingin melihat dan datang langsung ke tempat, tetapi adab-adab saat berada di Masjid tidak diterapkan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyalahgunaan-penyalahgunaan yang di lakukan para pengunjung. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kajian literatur. Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, koran, dan sosial media untuk bahan informasi. Penyalahgunaan-penyalahgunaan yang telah kami amati diantaranya; teras luar masjid menjadi tempat piknik, masjid dijadikan waterboom, dan pembuangan sampah sembarangan. Solusi untuk hal ini adalah dengan memperketat keamanan dan kesadaran para pengunjung. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya penyalahgunaan di Masjid Raya Al-Jabar sebagai tempat rekreasi timbul karena kurangnya penjagaan dan juga keamanan serta kesadaran para pengunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, P., dan Prasetyo. R. (2019). EKSISTENSI MASJID DI ERA RASULULLAH

Astuti, W. (2023). MASJID AL JABBAR BANDUNG, TEMPAT WISATA RELIGI NGEHITS DAN INSTAGENIK. Diakses pada 5 Maret 2023 dari https://www.tripzilla.id/masjid-al-jabbarbandung

DAN ERA MILLENIAL. Yogyakarta: Jurnal Tasamuh

Fanani, Z., & Pangestuti, E. (2017). Analisis Keamanan dan Kenyamanan Objek Wisata Penanjakan 1 Bromo (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Fitriani, R., & Wilardjo, S. B. (2017). Sadar wisata, kemenarikan fasilitas, jarak, pengaruhnya terhadap minat berkunjung kembali pada objek Wisata Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 5(3), 259-272.

II, B., & DI MAKAM, K. P. W. K. 2.1. Wisata Keagamaan 2.1. 1. Pengertian Wisata Keagamaan.

Ilham, M. (2023). TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT NOMOR 07 TAHUN 2018 TENTANG KETERTIBAN WISATA (Studi di Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Iskarim, M. (2016). Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia Islamika, 1-20.

Marlina, Y. (2019). Strategi pengembangan masjid berbasis wisata religi di kota palembang provinsi sumatera selatan (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Miarsih, G. S. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBYEK WISATA RELIGI MASJID GEDHE KAUMAN YOGYAKARTA. Journal of Tourism and Economic, 1(2).

Nasution, N. H., & Wijaya, W. (2020). Manajemen masjid pada masa pandemi covid 19. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(01), 84-104.

Rachman, A. (2020). Olahraga Rekreasi Di Perguruan Tinggi. Olahraga Rekreasi Di Perguruan Tinggi.

Saputra, A., & Kusuma, B. M. A. (2017). Revitalisasi masjid dalam dialektika pelayanan umat dan kawasan perekonomian rakyat. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1(1), 1-16.

Sumardi, U. (2017). Masjid dan tempat wisata: Dampak pembangunan taman wisata Alun-alun terhadap Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Syafe’i, M. (2016). Masjid dalam perspektif sejarah dan hukum Islam. Online). (http://file. upi.edu/Direktori/FPIPS/M_K_D_U/195504281988031MAKHMUD_SYAFE'I/MASJID_DALAM_PRESPEKTIF_SEJA RAH_DAN_HUKUM_ISLAM_ (10_HALAMAN). pdf).

Yusuf, M. Y., & Maulana, H. (2022). Model Pengembangan Wisata Halal Berbasis Masjid di Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1115-1123.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Fajrussalam, H. ., Fauziah, A. ., Janika, S. ., & Wahyuningtyas, T. . (2023). Penyalahgunaan Masjid Raya Al-Jabar sebagai Tempat Rekreasi dalam Pandangan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3653–3664. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6258

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>