Pengaruh Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Pengukuran Panjang Baku dan Tidak Baku Kelas II SDN 106162 Medan Estate

Authors

  • Nanda Widya Putri Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Wildansyah Lubis Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10130

Keywords:

STEAM, Literasi sains, Pengukuran Panjang Baku dan Tidak Baku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis STEAM terhadap literasi sains siswa pada materi pengukuran panjang baku dan tidak baku kelas II SDN 106162 Medan Estate. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II B sebagai kelas eksperimen dan kelas II A sebagai kelas kontrol SDN 106162 Medan Estate yang masing-masing kelas berjumlah 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi sains. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 48,69 dan kelas kontrol sebesar 49,78. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,48 dan kelas kontrol sebesar 71,09 sehingga penerapan pembelajaran berbasis STEAM dapat meningkatkan literasi sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 5% = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 23+23-2 = 44 sebesar nilai thitung > ttabel = 4,644 > 2,0154 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan literasi sains siswa menggunakan metode pembelajaran berbasis STEAM dengan metode pembelajaran Konvensional.

References

Afandi, T. J., & Rachmi A. (2016). Implementasi Digital Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Surakarta, 113-114

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Hadinugrahaningsih, T., dkk. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Proyek dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta Timur: LPPM Universitas Negeri Jakarta

Zai, A. A., dkk. (2022). Penerapan Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia. Jurnal Governance Opinion, 7 (2), h. 3

Sudjito, E., dkk. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1 (2), h. 31

Wachidi & Sudarwan. (2021). Pelatihan Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek dan Bahan Loose Parts pada Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 2 (1), h. 58

Downloads

Published

18-10-2023

How to Cite

Putri, N. W., & Lubis, W. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Pengukuran Panjang Baku dan Tidak Baku Kelas II SDN 106162 Medan Estate. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22505–22511. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10130

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check