Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V SD/MI Madinatussalam

Authors

  • Nona Lisa Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Apiek Gandamana Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Naeklan Simbolon Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Nurmayani Nurmayani Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10184

Keywords:

Media Komik Digital, Webtoon, Model (4-D)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas dan Praktikalitas dari Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD/MI Madinatussalam. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model Thiagarajan (4-D) yaitu define, design, development and disseminate. Teknik analisis data dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V SD/MI Madinatussalam. Hasil analisis menandakan bahwa Media Produk ini telah divalidasi oleh ahli desain dan materi media komik berbasis webtoon memperoleh hasil persentase 88,3% dan 86,25% kategori “Sangat layak”.Hasil kepraktisan mendapatkan persentase sebesar 92,5% kategori “Sangat praktis” dan keefektifan mendapatkan ketuntasan hasil tes 91% dengan kualifikasi “Sangat efektif”. Dengan demikian, Media Pembelajran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.

References

Annisa Fitriana, (2020). Line Webtoon Sebagai Industri Komik Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 6 Nomor 2, h. 134-148.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktif. Jakarta; Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta, Rajawali Press.

Apiek Gandamana, (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Scientific Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan Kelas IV Di SDN 060912 Medan Denai T.A 2020/2021. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. Vol. 18, h. 36-45.

Nandang Hidayat, dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Komik Webtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas XI. Prosinding Seminar Nasional Simbiosis IV, Madiun. Vol. 4, h. 318-324.

Salsabila Qoiruni, (2022). Pengembangan Komik Digital untuk Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Dalam Permainan Tradisional Kelas V SD. JPGSD. Volume 10 Nomor 4. 792-803. Universitas Surabaya.

Sudjana, N & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. Bandung; SBAIgensindo.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta.

Widoyoko, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta:Prenadamedia.

Yuliana, dkk,. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank untuk siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Kebudayan, 2(2), h. 135-146.

Downloads

Published

19-10-2023

How to Cite

Lisa, N., Gandamana, A., Simbolon, N., Nurmayani, N., & Mailani, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V SD/MI Madinatussalam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22663–22678. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10184

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check