Rancang Bangun 3D Virtual Classroom Pada Matakuliah Komponen Elektronika di Departemen Teknik Elektronika

Authors

  • Muhammad Ikhsan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Bayu Ramadhani Fajri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Delsina Faiza Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Vera Irma Delianti Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10405

Keywords:

Virtual Reality, Metaverse, Virtual Classroom, Komponen Elektronika

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat memberikan dampak terhadap dunia Pendidikan. Banyak inovasi-inovasi yang diciptakan salah satunya yaitu teknologi virtual. Adanya teknologi virtual memberikan dampak terhadap dunia pendidikan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran saat ini tidak lagi harus dilaksanakan didalam ruangan. Kelas dapat dilaksanakan secara virtual dengan bantuan media seperti classroom dan zoom meeting. Metaverse merupakan hasil dari perkembangan teknologi virtual yang memadukan antara teknologi virtual reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Perkembangan teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah kelas virtual yang mana didalam kelas tersebut dapat dilakukan interaksi seperti kelas di dunia nyata. Perkuliahan daring seringkali terasa membosankan karena media yang ditampilkan hanya sebatas powerpoint, gambar, dan video. Kegiatan diskusi juga hanya sebatas forum online yang terasa biasa saja. Adanya kelas virtual yang memiliki fitur lebih banyak tentu memberikan sensasi pembelajaran daring yang baru. Pembelajaran terasa lebih inovatif dan menarik. Kegiatan diskusipun terasa lebih nyata walaupun dilakukan secara daring. Kelas virtual dirancang sesuai dengan rencana pembelajaran semester (RPS) matakuliah komponen elektronika dan dapat diakses melalui PC dan handphone.

References

Akbar Endarto, I. 2022. Analisis Potensi Implementasi Metaverse pada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik, 4(1), 37–51.

Ali Biswas, R., & Nandi, S. 2020. Teaching in Virtual Classroom?: Challenges and Opportunities. In International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology (Vol. 5).

Basri, Y., & Irfan, D. 2018. Komponen Elektronika. Padang: Sukabina Press.

Gomes de Siqueira, A., Feijóo-García, P. G., Stuart, J., & Lok, B. 2021. Toward Facilitating Team Formation and Communication Through Avatar Based Interaction in Desktop-Based Immersive Virtual Environments. Frontiers in Virtual Reality, 2.

Hanifah, U., & Niar, S. 2021. Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1).

Hasan, M., dkk. 2021. Media pembelajaran. Klaten: Tahta media group.

Iswanto, dkk. 2022. Pemanfaatan Metaverse Di Bidang Pendidikan. Tematik?: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) , 9(1).

Kurniawan I, Aulia S, & Hartaman A. (2023). Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Pengolahan Citra Design A Learning System For The Introduction Of Electronic Components Based On Image Processing.

Maulana E, & Purnama Adi R. 2017. Pemanfaatan Layanan SMS Telepon Seluler Berbasis Mikrokontroler Atmega328p Sebagai Sistem Kontrol Lampu Rumah. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. Vol. 3, No 1.

Meling, M. 2019. Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Murdani, M. H. 2022. Pengembangan Virtual Class Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring. In Jurnal Ilmiah Edutic (Vol. 8, Issue 2).

Setiawan, D. 2022. Analisis Potensi Metaverse pada Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. 5, No. 11.

Setiawan Riyadi, F., & Munengsih Sari Bunga, dan. (2017). Aplikasi 3D Virtual Reality sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile. In Jurnal Informatika dan Komputer (Vol. 2, Issue 2).

Suanpang, P., dkk. 2022. Extensible Metaverse Implication for a Smart Tourism City. Sustainability (Switzerland), 14(21).

Thuan To Saurik, H., Dwi Purwanto, D., & Irawan Hadikusuma, J. 2019. Teknologi Virtual Reality untuk Media Informasi Kampus. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 6(1), 71–76.

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Ikhsan, M., Ramadhani Fajri, B., Faiza, D., & Irma Delianti, V. (2023). Rancang Bangun 3D Virtual Classroom Pada Matakuliah Komponen Elektronika di Departemen Teknik Elektronika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23919–23928. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10405

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check