Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII SMP

Authors

  • Deca Aisyah Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Alwen Bentri Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Winanda Amilia Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Elsa Rahmayanti Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10431

Keywords:

Multimedia Interaktif, Smart Apps Creator, Informatika, Android

Abstract

Hasil observasi menunjukkan penggunaan media pembelajaran Informatika masih kurang bervariasi, guru sudah menggunakan media namun hanya sebatas tampilan slide power point saja sehingga membuat siswa menjadi kurang tertarik dan merasa bosan dalam pembelajaran, selain itu keterbatasan kemampuan sebagian siswa dalam menggunakan komputer menjadi salah satu satu penghambat pembelajaran. Maka tujuan penelitian ini adalah, untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pada pembelajaran Informatika kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research & Devolepment (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model yang dikemukakan oleh Borg & Gall dengan menggunakan 5 langkah utama. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari pakar ahli, guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumen dan lembar penilaian.data yang diperoleh berdasarkan data kualitatif berupa saran dan masukan dan data kuantitatif deskriptif. Hasil validitas media mendapatkan nilai 94,75% dengan kriteria “Sangat Valid” dan hasil validitas materi memperoleh skor akhir dari penilaian 96 % masuk kedalam kriteria “Sangat Valid”. Tahap uji coba terbatas mendapatkan skor akhir 81,07% dengan kriteria “Sangat Praktis”, tahap uji coba skala besar memperoleh hasil 93,26% kategori “Sangat Praktis”.

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Geminiawan, I. P. H. E. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. In Jurnal Teknoif (Vol. 1, Issue 2).

Hendri, N. (2015). Pedagogi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume: XV No.2. November 2015. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XV(1), 118–124.

Natali, V. (2021). Informatika SMP Kelas VIII. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Novitasari, D. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Pranadamedia Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Susanti, E., Nurhamidah, D., & Faznur, L. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Smart Apps Creator Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 178–200. https://doi.org/10.15408/dialektika.v8i2.24717

Downloads

Published

05-11-2023

How to Cite

Aisyah, D., Bentri, A., Amilia, W., & Rahmayanti, E. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24117–24124. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10431

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check