Analisis Penggunaan Media Pipa Puzzle dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa PAUD Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia

Authors

  • Fitria Wantika Zain Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Indonesia
  • Syamsuyurnita Syamsuyurnita Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Indonesia
  • Suci Perwita Sari Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Indonesia
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10626

Keywords:

Penggunaan, Puzzle, Kreavitias

Abstract

Lewat aktivitas memakai pipa puzzle partisipan ajar akan memakai panca indera seoptimal bisa jadi semacam mendengar, memandang, mencium, merasa serta menyentuh lewat subjek yang terdapat dilingkungan anak. Anak membuat wawasan serta keterampilannya dan berlatih dalam jalan keluar permasalahan kala anak mengaitkan informasi nyata serta mengaitkan keahlian dengan kehidupan yang dirasakan oleh partisipan ajar. Dalam riset ini nampak kalau anak didik suka ekspresif serta inovatif buat menjajaki proses penataran. Dalam proses ini siswa di perintahkan oleh peneliti untuk membentuk benda-benda yang ada di sekitar mereka menggunakan puzzle pipa. Pada penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Lapangan (Field Research). Riset lapangan ialah salah satu tata cara pengumpulan informasi dalam riset kualitatif yang tidak membutuhkan wawasan mendalam hendak kesusastraan yang hendak dipakai dan keahlian khusus dari pihak periset. Dalam aktivitas ini anak didik di untuk jadi kelompok yang berisikan 2 hingga 3 anak. Bisa di simpulkan kalau pipa puzzle ini efisien serta amat praktis dalam tingkatkan keahlian daya cipta anak didik di Bengkel seni edukasi Muhammadiyah kepong Malaysia

References

Elizabeth B. Hurlock. (2018). Perkembangan Anak. Erlangga.

Futihat, S., Wahyu Wibowo, E., Mastoah, I., Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, J., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN Development of Letter Puzzle Media to Improve Students ’Ability in Reading Beginnings. Desember, 7(2), 135–148.

Hamzah B. (2018). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Isdianto. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Berbantuan Komputer untuk Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol 11 no.

Junaidi, J. 2019. Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal panajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.

Lilis Madyawati. (2019). Strategi Pengembangan Bahasa Anak. Prenamedia Group.

Linawati, N., & Wahyudi, R. (2019). Pemanfaatan puzzle huruf dalam mendorong minat menabung siswa taman kanak-kanak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 244–251.

Montalalu. (2020). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, Vol. 12 No.

Nuryati, N., & Yuniawati, N. (2019). Peningkatan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Kelas SD Awal Usia 6-8 Tahun Melalui Metode Praktikum Membatik. As-Sibyan?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–12. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1959

Pahanael, A,. & Wijayaningsih, L. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Puzzle Stick Bar Tiga Dimensi di TK B2 Kristen 1 Satya Wacana. Jurnal Ilmiah Potensia, 2020, Vol. 5 (2), 145-152

Purwanto. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Rumakhit, N. (2017). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis Dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017 Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 02

Rahmawati. (2021). Ragam Media Pembelajaran Untuk Pembelajaran PPKN. Malang: Literasi Nusantara.

Nurlaela. (2017). Strategi BelajarBerfikir Kreatif. PT Media Guru Digital Indonesia:Jakarta Utara

Novi. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019

Saputra, H & Selviana E. (2021). Penggunaan Media Puzzzle dalam Proses Pembelajaran Profesi : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(01) 01-09.

Srianis, K., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2018). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. E-Journal Pg-Paud, 2(1), 1–11.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suratno. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus

Downloads

Published

10-11-2023

How to Cite

Zain, F. W., Syamsuyurnita, S., Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2023). Analisis Penggunaan Media Pipa Puzzle dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa PAUD Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25237–25245. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10626

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check