Dampak Perilaku Fanatisme Game Online Terhadap Minat Membaca Al-Quran Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10994Keywords:
Fanatisme, Game Online, Membaca Al-Qur'anAbstract
Game online mempunyai bangsa pasar yang cukup besar di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir penyebaran game online terbilang cukup cepat. Ada berbagai dampak akibat bermain game online salah satunya adalah kecanduan. Bermain game online sangatlah berdampak pada aktifitas keseharian anak baik dilingkungan sosial, belajar maupun aktifitas keberagamaan yang akan menurunkan minat ibadah seperti mengaji atau membaca Al-Qur’an pada anak karena menghabiskan waktu dalam bermain game online. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dampak dari game online terhadap minat membaca Al-Quran Siswa sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan, untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah sikap fanatisme ini cepat atau lambat akan menggerus karakter peserta didik terutama pada karakter religius mereka. Karakter peserta didik di usia sekolah dasar yang masih rentan terhadap pengaruh luar ini membuat mudah rusaknya karakter mereka. Bermain game online dapat menyita banyak waktu dari peserta didik usia sekolah dasar. Anak-anak tersebut belum mampu mengalokasikan kapan waktu bermain dan waktu beribadah terutama dalam membaca Al- Quran. Sikap fanatisme game online ini terhadap kebermanfaatan waktu sangat lah berpengaruh. sejak beredarnya game online ini menciptakan lingkungan peserta didik yang jauh dari Al-Quran. Anak-anak lebih memilih mengisi waktu luangnya dibandingkan untuk membaca Al-quran ataupun Murojaah hapalan mereka di rumah.
References
Apriliyani, A. (2020). Hubungan intensitas bermain permainan online dengan kecerdasan emosional. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 40-47.
Arif, M., & Aditya, S. (2022). Dampak Perilaku Komunikasi Pemain Game Mobile Legends Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Journal of Intercultural Communication and Society, 1(01), 31–45. https://journal.rc- communication.com/index.php/JICS/article/view/30
Gabriella, M., Asmahasanah, S., & Kamalludin, K. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP AKTIVITAS IBADAH SHALAT SISWA.
JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 233-238.
Haris, A., Anggraini, D. C., & Mardiana, D. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Ketaatan Beribadah Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2), 98-106.
Julianto, T. A., Nawas, M. Z. A., & Rahmawati, S. (2023). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Minat Membaca L-Qur’an Anak Di Desa Pattedong Selatan. Al-Isyraq, 6(1), 27–42. https://alisyraq.pabki.org/index.php/alisyraq/ PENGARUH
Mar’ie, F., & Fahyuni, E. F. (2021). Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Oasis?: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 5(2), 42. https://doi.org/10.24235/oasis.v5i2.7700
Surbakti, K. (2017). Pengaruh game online terhadap remaja. Jurnal Curere, 1(1). Yulianti, R. M., Syatoto, I., Suroto, S., Suprapti, E., & Elburdah, R. P. (2020). Pengaruh
Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Mts Matlaul Anwar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 62-67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ariyani Ariyani, Maysarah Maysarah, Endang Juliana, Tiki Aqsha, Atri Widowati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).