Perancangan Aplikasi Kuis sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran TIK di SMP Al- Azhar 39 Bukittinggi

Authors

  • M. Ali Akbar Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Khairuddin Khairuddin Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Riri Okra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11020

Keywords:

Kuis, Appery.io, Alat Evaluasi, Research and Development

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan evaluasi pembelajaran berupa kuis di kelas VIII SMP Al-Azhar 39 Bukittinggi pada mata pelajaran TIK masih menggunakan kertas atau dikenal juga dengan istilah paper and pencil test, dimana cara ini dipandang kurang menarik bagi peserta didik, ini berdasarkan obsevasi dan wawancara peneliti dengan beberapa peserta didik, mereka cenderung bosan dengan pelaksanaan kuis seperti ini serta menganggap kuis sebagai sesuatu yang menakutkan untuk dikerjakan. Peneliti bertujuan untuk merancang aplikasi kuis menggunakan appery.io sebagai alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMP Al-Azhar 39 Bukittinggi yang dapat membuat pelaksanaan kuis lebih menarik bagi siswa, serta alat yang pakai valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define (Pendefinisan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Data diolah berbentuk deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa: Dalam melakukan 3 tahap uji produk yang peneliti lakukan. Hasil uji validitas dari 3 orang ahli dengan diperoleh nilai 0,77 yang termasuk kategori valid, uji praktikalitas dari 6 responden praktikalator diperoleh nilai 0,78 yang termasuk kategori tinggi, dan uji efektivitas dari 16 responden diperoleh nilai 0,54 yang termasuk kategori efektif, jadi alat evaluasi pembelajaran sudah valid, praktis dan efektif

References

D. Arwudarachman, W. Setiadarma, and Marsudi, “Pengembangan media pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar bentuk siswa kelas XI,” J.Pend.SeniRupa, vol. 3, no. 3, pp. 237–243, 2015.

M. F. Adiwisastra, “PERANCANGAN GAME KUIS INTERAKTIF SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA,” J. Inform., vol. 2, no. 1, 2015, doi: 10.31294/JI.V2I1.67.

T. Tafano, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J.Komunikasi Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 103–114, 2018.

M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” ejournal-binainsani.ac.id, vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020, Accessed: Apr. 05, 2023. [Online]. Available: http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1411

W. P. Sari and R. Okra, “Perancangan Aplikasi Mobile Penyetoran Ayat Untuk Mahasiswa Komprehensif di IAIN Bukittinggi Berbasis Android,” journal.ibrahimy.ac.id, vol. 5, no. 2, pp. 157–167, 2020, doi: 10.35316/jimi.v5i2.957.

S. Afrianti and H. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang,” J. Inform., vol. 6, no. No.2, pp. 22–27, 2020.

S. Oktaviana and R. Okra, “Perancangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android di SMA Negeri 1 Kapur IX,” irje.org, vol. 3, no. 1, pp. 403–414, Oct. 2022.

M. Ikhbal and H. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” J.Informatik mangement, vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Akbar, M. A., Khairuddin, K., Supriadi, S., & Okra, R. (2023). Perancangan Aplikasi Kuis sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran TIK di SMP Al- Azhar 39 Bukittinggi . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27162–27170. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11020

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check