Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Bilangan Dengan Memanfaatkan Congklak di SD 060904
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11839Keywords:
Congklak Bilangan, Meningkatkan Pemahan Siswa, Pembelajaran Matematika BilanganAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk memperkenalkan Congklak Bilangan (COGAN) sebagai media pembelajaran matematika, terutama pada materi Faktor Bersekutuan Berbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK), serta upaya untuk memudahkan siswa memahami konsep FPB dan KPK. Selain itu juga tujuan penelitian ini untuk melestarikan permainan tradisional congklak. Untuk target ataupun objek untuk penelitian ini ialah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SD) 060904 Medan Kota. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodo pelatihan dan bimbingan, dengan pendekatan participant active learning. Penelitian dilakukan dengan lima tahapan, dimana pada tahapan pertama yaitu penyampaian materi FPB dan KPK, tahap kedua presentasi video pengenalan congklak, pembuatan COGAN, penggunaan untuk mempelajari FPB dan KPK, dan terakhir evaluasi. Berdasarkan hasil survei pada penelitian ini bahwa 82,6% siswa mengemukakan desain COGAN menarik dan 85,4% siswa menyatakan belajar matematika dengan COGAN berlangsung secara menyenangkan. Dengan pemanfaatan COGAN ini bagi guru dapat untuk memudahkan siswa serta menjadikan pembelajaran lebih asik dalam mengenalkan materi FPB dan KPK dalam pembelajaran matematika
References
Agusti, F. A., Zafirah, A., Anwar, F., & Syafril, S. (2018). The Implantation of Character Values toward Students through Congklak Game. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 133–141.
Allen, D., & Tanner, K. (2005). Infusing Active Learning into the Large-enrollment Biology Class: Seven Strategies, from the Simple to Complex Cell Biology Education. Cell Biology Education: Life Sciences Education, 4(4), 262–268.
Heryanti, V. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Tradisional (Congklak). Universitas Bengkulu. Diakses di http://repository.unib.ac.id/8640/1/I%2CII% 2CIII%2CI-14-ver-FK.pdf
Kasim, M. F. (2016). Playing the Game of Congklak with Reinforcement Learning. In The 8th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (ICITEE). Yogyakarta. Retrieved from https://ieeexplore.ieee.org/document/7863309
Kurniati, E. (2012). Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak melalui Permainan Tradisional. Diakses di http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/ 197706112001122-UIS_KURNIATI/pedagogia.pdf
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education ( RME ) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement ? EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ ejmste/76959
Li’anah, & Setyowati, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Kelompok B TK Sabilas Salamah Surabaya. PAUD Teratai, 3(1), 1-6.
Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Menungkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Putra, A., & Hasanah, V. R. (2018). Traditional Game to Develop Character Values in Nonformal Educational Institution. International E-Journal of Advances in Education, 4(10), 86–92.
Rahman, A., Saleh Ahmar, A., Nurani, A., Arifin, M., Upu, H., Mulbar, U., Ihsan, H. (2018). The Implementation of APIQ Creative Mathematics Game Method in the Subject Matter of Greatest Common Factor and Least Common Multiple in Elementary School The Implementation of APIQ Creative Mathematics Game Method in the Subject Matter of Greatest Common. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 954 (012011).
Ramani, G. B., & Eason, S. H. (2015, May). It all adds up: Learning early math through play and games. Kappanmagazine.Org, pp. 27–32.
Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 2(3), 1-5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muhammad ‘Arif, Rora Rizki Wandini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).