Keefektifan Belajar dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Role Playing pada Siswa Kelas VI SDN Purwosari 01

Authors

  • Afif Zaenal Arifin Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12385

Keywords:

Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS, Strategi Role Playing

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang aktivitas ekonomi rendah. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan. Tujuan artikel ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPS melalui strategi role playing pada siswa kelas VI semester genap SD Negeri Purwosari 01. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mendasarkan pada teori-teori dan pengertian yang terkait dengan peningkatan motivasi belajar IPS tentang aktivitas ekonomi melalui strategi role playing. Penilitian tindakan kelas ini melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VI SD Negeri Purwosari 01. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknis analisis data menggunakan analisis interaktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber atau data. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Pada kondisi awal sebelum menggunakan strategi belajar role playing ketuntasan motivasi belajar siswa 33,3%. Setelah menggunakan strategi pembelajaran role playing pada siklus I ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat yaitu 66,6%. Karena belum tercapai yang di harapkan peneliti maka dilanjutkan siklus II. Dalam siklus II ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 83,3%. Ketercapaian ketuntasan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 16,7 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas VI SDN PURWOSARI 01.

References

Ali, Mustafa Kamal. 2013. Penggunaan Metode Role playing Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV B SDN Gisikdrono 03 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Etin Solihatin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasanah, Uswatun. 2010. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI SD Giripurno II Borobudur Magelang. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hudri, Said. 2013. Model Analisis Data. http://expresisastra.blogspot.com /2013/12/ model-model-analisis-data.html (diakses 24 Februari 2015 Pukul 10.00)

Maryanto, Lilik. 2013. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Bermain Peran (Role playing) Pada Siswa Kelas 5 MI AL Islam Mangunsari 02 Semarang. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana prenadamedia Group.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

04-01-2024

How to Cite

Arifin, A. Z., & Ismaya, E. A. (2024). Keefektifan Belajar dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Role Playing pada Siswa Kelas VI SDN Purwosari 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 336–340. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12385

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check