Pengaruh Aplikasi B’trace terhadap Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pontang

Authors

  • Nisa Amalia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Alis Triena Permanasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Syamsul Rizal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12589

Keywords:

Pembelajaran Seni Tari, Tari Nusantara, Media Pembelajaran, Aplikasi B’trace

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan kepada guru untuk dapat menggunakan media berbasis teknologi, adanya media Aplikasi B’trace yang dimanfaatkan dalam media pembelajaran seni tari, seorang guru harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai media supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hal tersebut berpengaruh pula pada kemampuan peserta didik dalam apresiasi dan kreativitas tari. Tujuan penelitian ini guna mengetahui proses pembelajaran menggunakan Aplikasi B’trace serta pengaruh terhadap apresiasi dan kreativitas peserta didik mengenai materi tari nusantara. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu mix method dengan desain one group pretest posttest berfokus pada pengumpulan, penganalisisan, dan pencampuran data kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian tunggal atau lanjutan. Hasil penelitian didapati bahwa seluruh instrumen soal dan penilaian sudah tervalidasi dengan tujuan penelitian, dilakukannya pretest pada kelas eksperimen, tindakan dilakukan sebanyak dua kali, dan posttest pada kelas eksperimen. nilai rata-rata pretest apresiasi pada kelas eksperimen 65 dan nilai rata rata kreativitas 60. Pada pelaksanaan postest nilai rata-rata apresiasi 86 dan nilai rata-rata kreativitas 76. Kemudian untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Aplikasi B’tace dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji t dua sampel, maka didapati hasil apresiasi t_hitung sebesar 15,144 dan t_tabel sebesar 1,699 dan kreativitas t_hitung sebesar 5,365 dan t_tabel sebesar 1,699 dengan taraf signifikasi 5%., maka disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi B’trace berpengaruh terhadap apresiasi dan kreativitas dalam pembalajaran seni tari, sehingga dapat dinyatakan bahwa H_(1 )diterima.

References

Ahmad.H, Irfan. A.Z, & Ahlufahmi.D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kesejahteraan Anak. Jurnal Realita, 5(1), 950–966.

Arifin, S. (2016). Perkembangan Kognitif Manusia Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam. Tadarus?:Jurnal UM Surabaya, 50–67.

E-commerce, P. B. B. (n.d.). Penggunaan Aplikasi. 1(2), 81–88.

Fajri, S., Fujiawati, F. S., & Pertunjukan, P. S. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Mobile APPS Berbasis Android B'trace. 6(1), 86–100.

Hayati, F. (n.d.). Peningkatan kreativitas bermain musik anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan barang bekas. I(Id), 84–99.

Ismiati, A., Fujiawati, F. S., Permanasari, A. T., Pertunjukan, P. S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Perancangan Aplikasi Magic Card Augmented Reality Pada Gerak Dasar. 6(2).

Ismiati, A., Lestari, W., Studi, P., Pendidikan, M., Pascasarjana, F., & Semarang, U. N. (n.d.). Analisis Kebutuhan Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Magic Card Augmented Reality Pada Gerak Dasar.

Jazuli, M. (n.d.). Model Pembelajaran Tari Pendidikan Pada Siswa SD/ MI Semarang.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks?: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project ( MMP ). 5(1), 14–25.

Munawaroh, I. (2021). Pembelajaran 2 Karakter Peserta Didik. Modul Belajar Mandiri, 45–64.

Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas ( Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut ). 9(1), 84–91.

Rizal, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (n. d.) Proses pembelajaran gitar klasik sebagai nilai-nilai pendidikan di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untirta. 2(2021), 249-259.

Rofifah, D., Nasith, A., Ilmu, P., Sosial, P., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2023). Dinamika Sosial?: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial SIswa Terhadap Hasil Belajar IPS. 2(1), 13–23.

Sallaby, A. F., Utami, F. H., & Arliando, Y. (2015). Aplikasi widget berbasis java. 11(2).

Sugiman et all. (2016). Karakteristik Siswa SMP dan Bilangan. In Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar (Vol. 2).

Thahir, A. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan. Aura Publishing, 1–260.

Utami, N. W. (2011). P – 33 Optimalisasi Sumber Belajar Dalam Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Matematika.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).

Yanti, R., Masunah, J., & Narawati, T. (2021). Gondang?: Jurnal Seni dan Budaya Peningkatan Apresiasi Tari Nusantara Melalui Model Blended Learning di Sekolah Menengah Pertama The Improvement of Nusantara Dance Appreciation Through Blended Learning Model in Public Junior High School. 5(1), 1–14.

Downloads

Published

09-01-2024

How to Cite

Amalia, N., Permanasari, A. T., & Rizal, S. (2024). Pengaruh Aplikasi B’trace terhadap Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pontang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1412–1418. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12589

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check