Penggunaan Media Scratch Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Authors

  • Amalia Putri Nabilah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Afridha Laily Alindra Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ica Nurhikmah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nisa Nur Fauziyah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Pani Herlina Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rika Febriyanti Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rizki Prayoga Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12694

Keywords:

Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Scratch

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif matematis siswa sangat diperlukan ketika menyelesaikan masalah matematika. Sejalan dengan perkembangan teknologi era Society 5.0, kami menumbuhkan kemampuan berpikir matematis siswa dan motivasi belajar siswa melalui kegiatan pembelajaran matematis yang memanfaatkan media atau alat pembelajaran Scratch.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan alat atau media Scratch terhadap motivasi belajar matematika siswa dan dampak penggunaan media Scratch terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tinjauan literatur sistematis karena adanya faktor pengaruh penggunaan alat atau media Scratch terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penggunaan Scratch juga memiliki dampak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dapat kami ketahui hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat atau media Scratch dapat menumbuhkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

References

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta

Jawa Pos. 22 April 2008. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61

Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4,

Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus

Downloads

Published

12-01-2024

How to Cite

Nabilah, A. P., Alindra, A. L., Nurhikmah, I., Fauziyah, N. N., Herlina, P., Febriyanti, R., & Prayoga, R. (2024). Penggunaan Media Scratch Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1975–1986. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12694

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check