Perancangan Ulang Desain E-Campus Unsika Berdasarkan User Experience dengan Menggunakan Design Thinking

Authors

  • Benny Christo Lumban Tobing Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nina Sulistiyowati Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Siska Siska Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12703

Keywords:

Design Thinking, E-Campus, Perancangan Ulang

Abstract

Perkembangan era 5.0 telah memicu kemajuan teknologi di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Di ranah akademik, terjadi inovasi sistem informasi, seperti E-Campus, yang memberikan akses informasi akademik kepada mahasiswa. E-Campus, yang digunakan oleh Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), adalah platform berbasis web yang menyediakan informasi seputar data pribadi, jadwal kuliah, daftar nilai, dan pencapaian mahasiswa. Oleh karena itu Penelitian ini mengimplementasikan lima fase Design Thinking, dimulai dari tahap Empathize yang melibatkan pengumpulan informasi awal melalui kuesioner dan wawancara untuk memahami perasaan dan pemikiran pengguna terkait E-Campus. Fase Define menghasilkan user persona yang mencakup tujuan, latar belakang, dan ketidakpuasan pengguna terkait alur, tampilan, dan fitur. Fase Ideate memfasilitasi pengembangan ide-ide dengan teknik HMW (How Might We) dan Crazy 8 untuk menghasilkan ide-ide kreatif. Prototipe E-Campus dibuat menggunakan teknik wireflow dalam fase Prototype, di mana ide-ide kasar disusun dalam canvas digital menggunakan Figm, menggambarkan interaksi yang diinginkan. Hasil dari uji coba memberikan rekomendasi perbaikan meliputi penyesuaian ukuran tulisan, perubahan ukuran field, penyajian kategori menu utama dengan dropbox, mempertahankan interaksi tampilan, dan menyediakan footbar dengan informasi kontak yang lebih jelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Design Thinking dapat digunakan secara efektif untuk merancang ulang antarmuka pengguna E-Campus UNSIKA, mempertimbangkan kebutuhan dan ketidakpuasan pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

References

Brown, Tim. 2020. Design Thinking ??? ?? ( Design Thinking ). Vol. 37.

Chipman, Albert. 2021. UX/UI Design 2022: A Complete Beginners to Pro Step by Step Guide to UX/UI Design and Mastering the Fundamentals of Web Design with Latest Tips & Techniques. Kindle Edi.

Dr. R. A. Fadhallah, S.Psi., M. Si. 2021. Wawancara.

Elma, Zidni. 2020. “Implementasi Metode Usability Testing Dengan System Usability Scale Dalam Evaluasi Website Layanan Penyedia Subtitle (Studi Kasus: Subscene).” Ultima InfoSys?: Jurnal Ilmu Sistem Informasi 10(2):104–10. doi: 10.31937/si.v10i2.1197.

Fahrudin, Rifqi, and Reza Ilyasa. 2021. “Perancangan Aplikasi ‘Nugas’ Menggunakan Metode Design Thinking Dan Agile Development.” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan 8(1):35–44. doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714.

Fajri, Nur, Hayyuni Maulidya, Herman Tolle, and Retno Indah Rokhmawati. 2021. “Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Survei Online Berbayar Antar Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 5(8):3356–66.

Gibbons Sarah. 2018. “Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking.” Nielsen Norman Group. Retrieved (https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/).

Husein, Ananda Sabil. 2018. Metode Desig Thinking Untuk Inovasi Bisnis. Malang: UB Press.

Irwiansayah, Mochamad Ilham, Herman Tolle, and Komang Candra Brata. 2020. “Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pencari Partner Lomba Bagi Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 4(9):2843–50.

Isti Pujihastuti. 2010. “Isti Pujihastuti Abstract.” Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian 2(1):43–56.

Jakob, Nielsen. 2000. “Kkk.Pdf.” Why You Only Need to Test with 5 Users. Retrieved (https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/).

Kartika Dewi, Savitri, Elvina Kurniawati Haryanto, and Sherly De Yong. 2018. “Identifikasi Penerapan Design Thinking Dalam Pembelajaran Perancangan Desain Interior Kantor.” Seminar Nasional Seni Dan Desain: “Konvergensi Keilmuan Seni Rupa Dan Desain Era 4.0” 33–38.

Pradana, Aditya Raka, Moh Idris, S. Kom, and M. Kom. 2021. “Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-Learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center).” Automata 2(2).

Pranatawijaya, Viktor Handrianus, Widiatry Widiatry, Ressa Priskila, and Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra. 2019. “Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online.” Jurnal Sains Dan Informatika 5(2):128–37. doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

Puspita, Rani. 2020. “Pengembangan Prototipe Aplikasi Community Aggregator Beskem Dengan Pendekatan UCD Menggunakan Balsamiq Mockup Dan Figma.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah 189.

Ramadan, Rahmadhana, and Hanifah M. Az-zahra. 2019. “Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay Menggunakan Metode Design Sprint.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 3(8):8831–40.

Sari, Intan Permata, Annisa Hasna Kartina, Ajeng Mubdi Pratiwi, Fitri Oktariana, Muhammad Farhan Nasrulloh, and Sahla Analia Zain. 2020. “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking Dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking Dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl.” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia 2(1):45–55.

Siswidiyanto, Siswidiyanto, Ahmad Munif, Diah Wijayanti, and Eko Haryadi. 2020. “Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype.” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi 15(1):18–25. doi: 10.35969/interkom.v15i1.64.

Wang, Xin. 2014. “Personas in the User Interface Design Section I?: What Is a Persona Section II?: How to Create a Persona.” Design.

Downloads

Published

12-01-2024

How to Cite

Tobing, B. C. L., Sulistiyowati, N., & Siska, S. (2024). Perancangan Ulang Desain E-Campus Unsika Berdasarkan User Experience dengan Menggunakan Design Thinking. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2038–2075. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12703

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check