Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Salsabila Yunitari Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rayendra Rayendra Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Novrianti Novrianti Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Alwen Bentri Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12744

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif, SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall melalui tahap perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, tahap uji coba, dan hasil produk akhir. Media pembelajaran interaktif ini dikembangkan menggunakan software Powerpoint & iSpring Suite untuk media pembelajaran interaktif berbasis persentasi dan aplikasi yang relevan dengan kurikulum tematik kelas III SD.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan yang dikembangkan mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, media ini juga dinilai sebagai alat yang valid dan praktis dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil uji praktikalitas siswa dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini mendapat respon positif dari semua pihak.

Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi. Diharapkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif ini dapat memberikan alternatif pembelajaran yang lebih praktis di SD.

References

Andjani, T. R. (2018). Defenisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Arikunto, s. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bentri, A. (2017). Mastery of primary school teacher pedagogy competency in curriculum 2013 implementation in Indonesia. The International Journal of Counseling and Education, 2(2), 78-84.

Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Firdha, N. (2022). Penggunaan iSpring dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 101-106.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hasanuddin.

Hanifatul. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explainer Model Infographic Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di MAN Yogyakarta III Tp 2016/2017. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hendri, N., & Novrianti, N. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Mengunakan Adobe Captivate 7.0 pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 2(2), 121-128.

Istiana, J. (2020). Konsep Perubahan Pendidikan dalam Pembelajaran Terpadu. Jurnal Tawadhu, 1042-1052.

Khotimah, K. (2019). Pemanfaatan Power Point Terintegrasi dengan iSpring Presenter sebagai Media Pembelajaran ICT. Jurnal Eksponen, 79-85.

Kustandi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Pendidikan Agama Islam, 94 - 100.

Maharani, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif. Jakarta State University.

Muslan. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP Kelas VII. Padang: Universitas Negeri Padang.

Mustika, R. (2015). Media Pembelajaran Sistem Audio untuk Pemberdayaan Pendidikan di Komunitas Masyarakat. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informatika.

Primasari, N. D. (2017). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Tunagrahita di SDLBN Kedungkandang Kota Malang. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmi, N. D. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ratumanan. (2020). Perencanaan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Rayendra, R., & Amsal, M. F. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Efektif. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Depok: Rajawali Pers.

Sriadhi (2018). Instrumen Penilaian multimedia pembelajaran. [Versi elektronik]. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/334586889

Sugiyono, (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. [Versi elektronik].

Yuniasih, N. (2018). Pengembangan Media interaktif Berbasis iSpring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Universitas Kanjuruhan Malang, 85-94.

Zulvira, R. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1846-1851.

Downloads

Published

13-01-2024

How to Cite

Salsabila Yunitari, Rayendra, R., Novrianti, N., & Bentri, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2263–2271. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12744

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check