Aplikasi Media Pembelajaran Kuis Interaktif pada SD Surya Bakti Berbasis Android

Authors

  • Muhamad Alda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Suwinda Aulansari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Diah Sawitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Winda Junarda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12811

Keywords:

Aplikasi, Kuis, Android

Abstract

Media pembelajaran yang diajarkan kepada siswa SD Swasta Surya Bakti umumnya masih menggunakan buku ataupun gambar yang membuat beberapa anak anak mudah jenuh ataupun bosan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menciptakan inovasi baru dalam mengimplementasikan media pembelajaran yang bisa menarik perhatian, minat belajar dan antusias siswa di SD Swasta Surya Bakti. Aplikasi kuis ini merupakan jenis penerapan teknologi yang berupa aplikasi belajar sekaligus bermain sehingga dapat menciptakan semangat baru bagi siswa yang mudah merasa bosan ketika belajar. Penelitian ini memberikan hasil yaitu aplikasi media pembelajaran kuis interaktif berbasis android yang diharapkan dapat membantu para siswa meningkatkan kembali minat belajarnya.

References

P. Bestari, R. Awam, E. Sucipto, S. Marsidin, and R. Rifma, “Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 133–140, 2023, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4016.

U. Meningkatkan, H. Belajar, and P. Pancasila, “Cendikia pendidikan,” vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2023.

D. Manda, I. Arifin, and D. P. Darmayanti, “Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan di Jurusan Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Makassar,” vol. 5, no. 2, pp. 653–658, 2023.

D. R. Andrian et al., “Jurnal vokasi informatika (javit),” pp. 124–132, 2023.

K. D. Damayanti and M. G. R. Kristiantari, “Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Siswa Kelas VI,” Mimb. Ilmu, vol. 27, no. 1, pp. 81–89, 2022, doi: 10.23887/mi.v27i1.46132.

Masrizal, P. Yunita, Ridarmin, S. Adrianto, and A. Sidiq, “Aplikasi Kuis Islami Berbasis Mobile,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 6, no. 2, pp. 757–766, 2022.

R. D. Asworowati, D. Mustomi, P. R. Adawia, A. D. Suhendra, A. Natong, and M. Cahya Ningrum, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Gizar Berbasis Mobile,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 542–549, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.1059.

S. Lee and D. Lee, “A Method for Inferring Development Progress in a Waterfall Model-based Software Development Environment,” vol. 12, no. 2, pp. 187–192, 2023.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.

D. Pertama, H. Sulistiyani, and ..., “Pengembangan E-Commerce Untuk Penjualan Buku Bekas (Studi Kasus: Ramayana Pasar Bawah) Berbasis Mobile,” … J. Telemat. …, vol. 4, no. 1, pp. 16–23, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/article/view/3402%0Ahttps://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/article/download/3402/1315

K. Nistrina and L. Sahidah, “Unified Modelling Language (Uml) Untuk Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Smk Marga Insan Kamil,” J. Sist. Inf., vol. 04, no. 01, pp. 12–23, 2022.

I. Permata Sari, W. Kurnia, N. Hendrastuty, and N. Penulis Korespondensi, “Sistem Informasi Pembelajaran Berbasis Web (Studi Kasus SDN 1 Tanjung Senang),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 54–60, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2439

N. E. M. Susfenti, “Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini,” J. Stud. Gend. dan Anak, vol. 8, no. 01, p. 50, 2021, doi: 10.32678/jsga.v8i01.5858.

A. T. Hidayati, A. E. Widyantoro, and H. J. Ramadhani, “Perancangan Sistem Informasi Wirausaha Mahasiswa ( Siwirma ) Berbasis Web dengan Unified Modelling Languange ( UML ) Institut Teknologi dan Bisnis Semarang untuk memodelkan sistem [ 6 ]. Definisi lainnya , UML merupakan kumpulan diagram yang UML mempunyai,” vol. 2, no. 4, 2023.

R. Gunawan, K. Suhada, and A. Asy, “LPPM STMIK ROSMA / Prosiding Seminar Nasional?: Inovasi & Adopsi Teknologi Rancang Bangun Game Kuis Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” pp. 1–11, 2023.

Downloads

Published

14-01-2024

How to Cite

Alda, M., Aulansari, S., Sawitri, D., & Junarda, W. (2024). Aplikasi Media Pembelajaran Kuis Interaktif pada SD Surya Bakti Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2875–2884. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12811

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check