Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Gameshow Quiz Wordwall pada Materi Segitiga

Authors

  • Achmad Maulana Chamdani Universitas PGRI Wiranegara , Indonesia
  • Andika Setyo Budi Lestari Universitas PGRI Wiranegara , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12903

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Media Evaluasi, Wordwall

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan berupa media evaluasi pembelajaran gameshow quiz wordwall pada materi segitiga, menghitung validitas gameshow quiz dan keefektifannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan melalui tahap 4-D yaitu tahap define, design, development and disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Gondangwetan dengan 32 siswa kelas VII sebagai subjeknya. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan hasil yang diperoleh adalah media evaluasi pembelajaran gameshow quiz wordwall yang telah memenuhi syarat dan dipandang layak digunakan dalam alat evaluasi pembelajaran dengan kriteria sangat layak dan persentase 85% untuk penilaian materi dan kriteria sangat layak dengan persentase 92% untuk penilaian media dan persentase 84% untuk angket respon siswa.Hasil penelitian berdasarkan uraian diatas dapat dinyatakan bahwa media evaluasi pembelajaran gameshow quiz wordwall pada materi segitiga sangat layak digunakan.

References

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.

Basarahil, M. B. M., & Marurotullaily. (2022). Evaluasi Pembelajaran Matematika Wordwall. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 54–64. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i1.96

Bin, M., & Basarahil, M. (2022). Pada Pembelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo.

Dewanti, S. C., & Sholihah, U. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Koordinat Kartesius di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 65–75.

Fanny. (2020). 11160183000046 Fanny Mestyana Putri Water Mark.

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 33–41.

Inayati, I., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, S. (2023). Ilmi+Inayati. 7, 72–82.

Mapossa, J. B. (2018). No ????????????????????? ?????????????????Title. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., Afriliani, F., & Online, G. (n.d.). Abdi laksana. 3, 70–77.

Sohilait, E. (2021). Buku Ajar: Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT RajaGrafindo Persada, Depok.

Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634.

Downloads

Published

17-01-2024

How to Cite

Chamdani, A. M., & Lestari, A. S. B. (2024). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Gameshow Quiz Wordwall pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3282–3288. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12903

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check