Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP

Authors

  • Aulia Rahmah Putri J Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Abna Hidayati Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Zuliarni Zuliarni Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Dedi Supendra Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13207

Keywords:

Pengembangan, Media, Komik Digital, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah rendahnya minat belajar pada siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal ini karena kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Akibatnya siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital dengan tujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media komik digital. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji validasi produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 validator materi dan 2 validator media. Uji coba produk dilakukan oleh 30 siswa kelas VII.4 SMPN 4 Batang Anai dengan tujuan mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan komik digital memperoleh tingkat validasi 90% untuk materi, 98,4% untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas produk memperoleh tingkat kepraktisan 92% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan produk memperoleh hasil t hitung 12,9 dengan t tabel 2,045. Dengan demikian t hitung > t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan uji validitas, praktikalitas dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik digital pada pembelajaran PAI dan BP sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

 

References

Hidayati, Abna. 2013. Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Bagi Siswa SD Oleh Guru Agama Islam. Pedagogi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(1), 100-104.

Hidayati, Abna. 2019. The Analysis of influencing factors of learning style, teacher’s perceptions and the availabitily of learning resources in elementary schools in elementary schools in Padang, West Sumatera. The 2018 International Conference on Research and Learning of Physics.

Indrayati, J. 2015. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia.3 (1).

Kustandi, C., & Darmawan, D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana

Narestuti, A. S., Diah. S., & Umi. N. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 6 (2).

Saputro, D. S. 2015. Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal MUADDIB. 5 (1)

Slavin, R. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik (terjemahan). Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Yeni, J. F. 2017. Pengembangan Sumber Daya Pembelajaran. Padang: Sukabina Press.

Downloads

Published

24-01-2024

How to Cite

Rahmah Putri J, A., Hidayati, A., Zuliarni, Z., & Supendra, D. (2024). Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5265–5272. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13207

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check