Pemanfaatan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X diSMA Negeri 1 Kec Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota

Authors

  • Anggun Cahya Zonita Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nofrion Nofrion Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13211

Keywords:

Media Pembelajaran Geografi, Kahoot, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemanfaatan media pembelajaran Kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kec Suliki pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi-experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Kec Suliki yang berjumlah 269 siswa dan sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu eksperimen dan kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa. Hasil dari uji T yang dilakukan didapatkan Thitung sebesar 4,09 dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan Ttabel sebesar 2,02 yang mana Thitung > Ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran Kahoot pada materi Geografi dalam pembelajaran geografi di SMA N 1 Kec Suliki. Uji N-Gain pada penelitian ini yang didapat pada kelas eksperimen dengan peningkatan hasil belajar kategori tinggi yaitu sebesar 0,79 atau 79% dan kelas kontrol dengan peningkatan hasil belajar kategori sedang yaitu sebesar 0,51 atau 51%. Sehingga penerapan media pembelajaran Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar geografi.

References

Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1), 43-50.

Fauzih, H. (2019). Penerapan game kahoot dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Rosul Allah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII A di SMP Karya Budi Cileunyi Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Hadi, A., & Nofrion, N. (2021). Efektivitas penerapan Flipped Classrom dan EXO OLO Task pada posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia di SMA Negeri 8 Padang. Jurnal

Buana, 5(2), 390-399.

Hadisantana, K. K. (2019). Penerapan Media Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMPN 7 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Mailili, W. H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Eksperimen Semu Pada Kelas X SMA Negeri Di Kota Palu). Matematika dan Pembelajaran, 4(1), 1-22.

Ningrum, G. D. K. (2018). Studi penerapan media kuis interaktif berbasis game edukasi kahoot! terhadap hasil belajar mahasiswa. Vox Edukasi, 9(1), 271373.

Nofrion, N., Furqon, I., & Herianto, J. (2016). Penggunaan Prezi Sebagai Media Pembelajaran Geografi pada Materi Penginderaan Jauh.

Nofrion, N. (2017). Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode “jumping task” pada pembelajaran geografi. Jurnal Geografi, 9(1), 11-20.

Noza Aflisia, A. K., & Yanuarti, E. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Penguasaan Unsur Bahasa Arab. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan,Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nuvitasari, A., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM sebagai dasar penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341-347.

Parnabhakti, L., & Puspaningtyas,N. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8-12.

Prasetyoardi, N., Adhisa, R. R., Kom, S., & Kom, M. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Melalui Pendekatan Paikem Materi Operasi Hitung Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pratingkas, C. K. (2018). Perbedaan Pemahaman Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Stad (Students Teams- Achievement Divisions). Basic Education, 7(16), 1-573.

Putra, I. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungai Penuh (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

RA, S. S., & Nofrion, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Case Based Learning (CBL) Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA S Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22163-22169.

Rikhayatun,S.(2014). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi yang Diintegrasikan dengan Pengetahuan Kebencanaan melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Ngluwar Kabupaten Magelang (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif- Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban

Sayekti, N. M., & Jatmika, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot untuk Mengenal Dasar Perusahaan Manufaktur Kelas XII Kompetensi Dasar Karakteristik Khusus Pengertian dan Klasifikasi Kos Terkait Proses Produksi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Saputra, D. A., & Nofrion, N. (2022).PengembanganLMS Berbasis Google SITES Untuk Mengembangkan HOTS Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(3), 206-220.

Downloads

Published

24-01-2024

How to Cite

Cahya Zonita, A., & Nofrion, N. (2024). Pemanfaatan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X diSMA Negeri 1 Kec Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5300–5305. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13211

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check