Rancang Bangun Virtual Lab Praktikum Kimia Fisika II Pada Materi Ajar Peranan Lingkungan Terhadap Korosi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13215Keywords:
Virtual Lab, Media Interaktif, Augmented Reality, MDLC, AndroidAbstract
Salah satu kemajuan pesat inovasi pendekatan pembelajaran laboratorium khususnya di bidang praktikum adalah melalui pemanfaatan media Virtual Lab. Penggunaan laboratorium virtual, yang menggantikan kerja praktik di lingkungan berbahaya seperti laboratorium kimia fisika sebenarnya, dengan menggunakan komputer untuk mengilustrasikan konsep kompleks serta instrumen dan perlengkapan praktis yang mahal. Kajian ini berfokus pada mata kuliah Kimia Fisika II yang menawarkan banyak pilihan praktikum, diantaranya Peranan Lingkungan Terhadap Korosi, namun terdapat beberapa kendala, mahasiswa yang mengerjakan praktikum kurang sesuai dengan prosedur buku panduan praktikum kimia fisika, dikarenakan kurang telitinya mahasiswa dalam penggunaan alat dan keterbatasan waktu dalam pengerjaannya. Selain itu, karena tidak adanya peralatan praktikum mandiri di rumah serta biaya bahan dan peralatan yang mahal, mahasiswa dibatasi untuk menyelesaikan praktikumnya di laboratorium. Penelitian kali ini bertujuan untuk (1) Menciptakan produk media interaktif yang memanfaatkan platform Android berbasis Augmented Reality untuk menampilkan objek 3D yang dapat berinteraksi dengan objek 3D lainnya, video, labsheet, pengenalan alat dan bahan, serta langkah kerja praktikum yang sesuai dengan materi ajar mahasiswa, (2) Mengetahui bagaimana respon/reaksi mahasiswa terhadap desain media Virtual Lab dalam hal membangkitkan minat dan meningkatkan hasil belajar. Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) digunakan dalam perancangan sistem aplikasi Virtual Lab ini. Tahapan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, perakitan/pembuatan, pengujian, dan distribusi adalah enam langkah yang membentuk metodologi ini. Dalam perancangan Virtual Lab Peranan Lingkungan Terhadap Korosi berbasis Augmented Reality ini menggunakan software unity, blender dalam pembuatan assetnya, dan vuforia untuk manajemen databasenya.Tersedianya aplikasi Virtual Lab Kimia berbasis Augmented Reality yang dibuat sesuai dengan buku panduan praktikum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tambahan untuk meningkatkan pemahaman selama praktikum.
References
Mustaqim Ilmawan. (2016, Juli). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.13, No.2, Juli 2016, Hal:174 ISSN 2541-0652.
Cheng, P dkk. (2016). A Review of Using Augmented Reality in Education from 2011 to 2016. Springer: Innovation in Smart Learning.
Magdalena M. (2016). The Field Play Mobile Application: Augmented Reality, Location-Aware Content, And The Creation Of An Interactive, DataRich Digital Educational And Research Tool. 168.
Jessnor E, dkk. (2016). The Use Of Augmented Reality (AR) Among Tertiary Level Students: Perception And Experience. Australian Journal of Sustainable Business and Society 2.1.
Xiaolin L dkk. (2016). Design of Theoretical Model for Smart Learning. Springer: State-of-the-Art and Future Directions of Smart Learning.
Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi mobile Augmented Reality berbasis Vuforia dan Unity pada pengenalan objek 3D dengan studi kasus gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(II), Hlm 87-88.
Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 266–274.
Moro, C., Štromberga, Z., Raikos, A., & Stirling, A. (2017). The effectiveness of virtual and augmented reality in health sciences and medical anatomy. Anatomical Sciences Education, 10(6), 549–559.
Manikowati, & Iskandar, D. (2018). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium untuk Pembelajaran Praktikum Siswa SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(01), 23-42.
Dwiningsih, K., Sukamin, Muchlis, & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran di Era Global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(02), 156-176.
Sirakaya, M., & Sirakaya, A. D. (2018). Trends in Educational Augmented Reality Studies: A Systematic Review. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 6(2), 60–74.
Muhammed, dkk. (2019). Effects of Physical and Virtual Laboratories on the Achievement of Secondary School Geography Students in North Central Nigeria. Frontiers of Knowledge Journal Series. International Journal of Education and Educational Research, ISSN: 2635-3636, Vol. 2, Issue 2 (September, 2019).
Tsichouridis, et.al. (2019). Virtual dan Augmented Reality dalam Pengajaran Sains dan Belajar. Bangkok : Verlag Berlin Heidelberg. Sumber : https://www.researchgate.net/publication/336778712.
Abdillah, G. Y., Andryana, S., Fakultas, ), Komunikasi, T., Informatika, D., Nasional, U., Sawo Manila, J., Minggu, P., Selatan, J., Khusus, D., & Jakarta, I. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Perangkat Keras Komputer Dengan Fast Corner dan Natural Feature Tracking.
Arifin et al., (2020). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air. Jurnal Pendidikan Biologi.
Hidayah, I. N. (2020). Pengembangan Video Stop Motion Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Cerita Fantasi Kelas Vii Smp Negeri 12 Yogyakarta Tahun Ajaran. 2019 / 2020 Intan Nurul Hidayah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uni. 1–6.
Maghfiroh (2020). Dampak Teknologi Informasi (IT) terhadap Dunia Pendidikan. Journal of Chemical Education.
Sudarmilah, E., & Kholifah, A. N. (2020). Edugame augmented reality as learning media for human blood circulation system. International Journal of Engineering Research and Technology, 13(12), 4375–4384.
Zulfarina, Z., Syafii, W., & Putri, D. G. (2021). E-Magazine Based on Augmented Reality Digestive as Digital Learning Media for Learning Interest. Journal of Education Technology, 5(3), 417–424.
Yapici, ?. Ü., & Karakoyun, F. (2021). Using Augmented Reality in Biology Teaching. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 9(3), 40–51.
Wahdatun, S., 1?, R., Anggraito, Y. U., & Rohmah, S. W. (2021). Development of Augmented Reality Nervous System (ARSaf) Learning Media to Improve Student Understanding. Journal of Biology Education, 10(3), 316–325.
Endang, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Berbasis Augmented Reality Pada Praktikum elektronika Dasar Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika. Journal Repository Uin- Aluddin. Sumber : http://repositori.uin-alauddin.ac.id/19249/.
Sayuti, A. E. P., & Hendriyani, Y. (2021). Jurnal vokasi informatika, 1(2). Sumber : http://kimia.fmipa.unp.ac.id/.
Khaerudin, M., Srisulistiowati, D. B., & Warta, J. (2021). Game edukasi dengan menggunakan unity 3D untuk menunjang proses pembelajaran. Jsi (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(2), 263-272.
Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Subandi, H. (2022). Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 6(2), 135–141. Sumber : https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1512.
Gunawan, G., Faiza, I. M., Santoso, N. A., & Kurniawan, R. D. (2022). Penerapan Metode MDLC Pada Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 201-210.
Kurnia, D (2022), Rancang Bangun Media Pengenalan Alat Laboratorum Kimia Berbasis Mobile Augmented Reality. Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Olivia Triana Dewi, Bayu Ramadhani Fajri, Asrul Huda, Resmi Darni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).