Sayyid Ahmad Khan Sebagai Reformis Pendidikan Islam di India

Authors

  • Anik Indra Mustika Universitas Islam Negeri SUSKA Riau, Indonesia
  • Ellya Roza Universitas Islam Negeri SUSKA Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13258

Keywords:

Pendidikan, Islam, Sayyid Ahmad Khan, India

Abstract

Artikel ini membahas Sayyid Ahmad Khan Sebagai Reformis Pendidikan Islam Di India. Sayyid Ahmad Khan adalah salah satu ulama yang menyebarkan agama islam di India. Permasalahan penelitian ini bagaimana sejarah Sayyid Ahmad Khan menjadi Reformis Pendidikan Islam Di India. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan teknik pengumpulan data terhadap literature, atau referensi buku-buku yang berkaitan dengan persoalan artikel ini. Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan Sayyid Ahmad Khan berhasil membuat perkembangan yang sangat pesat terhadap Pendidikan Islam Di India. Sayyid Ahmad Khan mendirikan sekolah Muhammaden Anglo Oriental Colllege(M. A.O.C) diAligarh, 1 Januari 1878. Usahanya dalam memajukan pendidikan Islam diIndia dengan menyebarkan ide- ide dimajalah Tahzibul Akhlak, yang memuat beberapa ide pembaharuan dengan bahasa yang dapat diterima para pelajar, bahkan halaman depan majalah tersebut memiliki semboyan dari pepatah Arab yang artinya“cinta pada tanah air ialah bagian dari Islam. Seorang yang mendukung kebesaran negerinya, berarti juga mendukung kebesaran agamanya”. Sayyid Ahmad Khan mempunyai keahlian diplomasi, baik terhadap pemerintahan Inggris, maupun masyarakat India. Penelitian Yesis Arikarani juga menyebutkan Sayyid Ahmad Khan dapat mengubah pandangan Inggris terhadap umat Islam yang berkaitan dengan pemberontakan. Penelitian Yecki Bus menyebut Sayyid Ahmad Khan sangat aktif didunia sehingga perkembangan Islam di negara ini untuk saat sekarang dan masa-masa mendatang senantiasa eksis dan mengalami kemajuan yang sangat signifikan.

References

Abdillah, A., & Rifai, AB (2019). Perkembangan Pemikiran Konsep Pendidikan Diri Dalam Perspektif Tasawuf Muhammad Iqbal. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 16(1), 135-158.

Abdurahman, Dudung. dkk, Sejarah Peradaban Islam dari Masa Klasik Hingga Modern (Yogyakarta: LESFI, 2009.

Akmal, Hawi. (2016). Muhammad Iqbal dan Ide-Ide Pemikiran Politiknya. Madania: Jurnal Kajian Keislaman 20.2 : 241-250.

Akmal, Sayyid Ahmad Khan Reformis Pendidikan Islam Di India Jurnal Potensia vol.14 Edisi 1 Januari-Juni 2015.

Al-Azizi, Abdul Syukur. Kitab Sejarah Peradaban Islam Terlengkap. Yogyakarta: Saufa, 2014.

Ali, Mukti. (1993). Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan. Bandung: Mizan.

Ali, Mukti. Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan. Bandung: Mizan, 1998.

Al-Katttani, Abdul Hayyie dkk, Belajar Di Negara Islam Panduan Lengkap Kuliah di Negara-negara Islam. Jakarta: Gema Insani, 2009.

Almunawwarah, Audina. (2018). Muhammad Iqbal (Kajian Historis Terhadap Peranannya dalam Pembentukan Negara Pakistan). Dis. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Al-Usairy, Ahmad. Sejarah Islam Sejak Zaman Nabi Adam Hingga Abad XX. Akbar Media Eka Sarana, 2003.

Amin, Samsul Munir. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2010.

Amrullah, Z. (2021). Gerakan Aligarh Di India (Refleksi Historis Gerakan Modernisme Pendidikan Sayyid Ahmad Khan). TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 40-51.

Apriana, Apriana. (2008). Konsep Negara Islam Muhammad Iqbal (Studi Atas Pemikiran dan Kontribusinya Terhadap Pembentukan Negara Pakistan). Dis. UIN Raden Fatah Palembang.

Asmuni, Yusran. Dirasah Islamiah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998.

Asmuni, Yusran. Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan dalam Dunia Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.

Bistara, RB (2020). Dimensi Feminisme Dalam Pembaharuan Islam: Menilik Pemikiran Muhammad Iqbal. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 19(1), 30-58.

Budiyanto, T. (2020). Hermeneutika Hadist: Studi Pemikiran Muhammad Iqbal. Khulasah: Jurnal Kajian Islam, 2(1).

Daulay, Haidar Putra. Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta, 2009..

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, 2002.

Ensiklopedi Oxford, Dunia Islam Modern, Jilid 2, Diterjemahkan oleh Eva YN, dkk, Bandung, Mizan, 2002.

Fathi, Yakan. Gerakan Islam di Abad Modern, Alih Bahasa: Masrur Zainudin. Jakarta: Media Dakwah. 1987.

Hamka, Sejarah Umat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1981.

Hendri, K.(2015). Pemikiran Muhammad Iqbal dan Pengaruhnya Terhadap Pembaruan Hukum Islam. Al-'Adalah 12.1 (2015): 611-622.

http://www.berkuliah.com/2014/06/20-universitas-terfavorit-versi-mahasiswa-indonesia-dijelaskan-dengan-sangat-detail-disini.html. Diakses, 23 Maret 2018.

https://id.wikipedia.org/wiki/India,dan htps://ms.wikipedia.org/wiki/PerdanaMenteriIndia, Diakses pada 13-3-2018.

https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Islam_Darul_Huda. Diakses, 24 Maret 2018.

Ihsani, MI (2021). Konsep Peserta Didik dalam Pendidikan Agama Islam: Pemikiran Muhammad Iqbal. Jurnal Basicedu, 5(6), 6177-6184.

Iqbal, Muhammad. (1982). Rekonstruksi Pemikiran Religius dalam Islam, terj M. Ashraf. Lahore: Pakistan.

Jameelah, Maryam. (Margaret Marcus), Islam dan Modernisme, Kritikan terhadap Berbagai Usaha Sekulerisasi Dunia, terjemahan A. JaimNuri, Syafiq, A. Mughni. Surabaya: Usaha Nasional, 1965.

Khan, Intakhab Alam. Isu, Faktor dan Prospek Pendidikan Muslim di India Pasca Kemerdekaan, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 10 (1), 2016.

Kumalasari, Dyah. Pengantar Sejarah Pendidikan. Yogyakarta: FISE UNY, 2008.

Lee, D Robert. (2000). Islam Autentik : Dari Nalar Puitis Iqbal hinga Nalar Kritis Mencari Arkoun, terj. Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan. Cet. ke-aku.

Lelyveld, David. Generasi Pertama Aligarh. Princeton: Pers Universitas Princeton, 1978.

M. Ali Kettani, Minoritas Muslim di Dunia Dewasa Ini. Jakarta : PT.Raja Grafindo Perkasa, 2005.

Ma'arif, Ahmad Syafi'i. Pemikiran dan Peradaban Islam. Yogyakarta: Safiria Insania Pers, 2007.

Masluhah, M., Afifah, KR, & Salik, M. (2021). Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Disrupsi. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 317-338.

Muhammad, Mukti. (2009). Dasar-dasar Pendidikan Islam Modern dalam Filsafat Iqbal. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan: Insania, Vol. 14, No.2.

Muhammad, Shan. Gerakan Aligarh: Dokumen Dasar: 1864-1898. Publikasi Nachiketa Terbatas, 1978.

Nasution, Harun. Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

Noorzeha, F. (2019). Pemikiran Sir Sayyid Ahmad Khan “Pembaharuan di India” Relevansinya dengan Ideologi Islam Puritan, Moderat dan Sinkretisme dalam Masyarakat. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, Dan Masyarakat, 2(1), 62-77.

Nugroho, IS (2019). Pembentukan Negara Islam Pakistan: Tinjauan Historis Peran Ali Jinah. Jurnal Studi Al-Qur'an, 15(2), 201-218.

Puspika, Herllini, Sari,. (2020). Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Rekonstruksionisme Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al Fikra 19, No.01:129–143.

Qoharuddin, MA (2019). Modernisasi Umat Islam India: Studi Pemikiran Amir Ali Dan Akhmad Khan. El-Faqih: Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, 5(2), 82-97.

Rosichin, Mansur. (2015). Muhammad Iqbal (Sejarah dan Pemikiran Teologisnya). JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi 13.1: 68-75.

Rosyadi, I. (2021). Sayyid Jamaluddin Al-Afghani: Pergerakan dan Pemikirannya Bagi Dunia Islam. Al-Qalam, 9(1).

SJ, Fadil. Pasang Surut Peradaban Islam dalam Lintas Sejarah. Malang: Pers UIN Malang, 2008.

Syaukani, Ahmad. Perkembangan Pemikiran Modern di India. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Downloads

Published

26-01-2024

How to Cite

Mustika, A. I., & Roza, E. (2024). Sayyid Ahmad Khan Sebagai Reformis Pendidikan Islam di India. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5543–5549. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13258

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check