Meta-Kritik Dialektika Adorno dan Sosiologi Refleksi Kritik Bourdieu

Authors

  • Harisman Harisman Unviversitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Syamsu A. Kamaruddin Unviversitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Arlin Adam Unviversitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13328

Keywords:

Sosiologi Bentuk-Bentuk Budaya, Meta-Kritik Dialektis, Kritik Sosiologi Refleksif, Ontologi Fundamental, Metodologi Formalis

Abstract

Adorno dan Bourdieu bersatu dalam upaya mereka untuk mengembangkan perangkat teoretis dan metodologis untuk sosiologi bentuk-bentuk budaya. Dalam artikel ini, saya berargumen bahwa tujuan utama mereka adalah untuk mengeksplorasi cara-cara untuk melampaui interpretasi internal dan murni formal tanpa jatuh ke dalam penjelasan sosiologis kasar yang mereduksi bentuk-bentuk budaya secara langsung ke konteks sosial eksternal. Adorno, sejalan dengan tesis dialektis negatif tentang "keutamaan mediasi", mengembangkan metode penafsiran meta-kritis yang didasarkan pada pembentukan analogi formal antara bidang-bidang yang berbeda, yang, sementara mengakui konten kebenaran dari bentuk-bentuk budaya, menghilangkan ilusi otonomi absolut mereka. Dalam kritik sosiologis refleksifnya, Bourdieu bertujuan untuk mengungkap implikasi sosial dan politik dari bentuk-bentuk budaya tanpa mereduksinya ke konteks sosial eksternal dengan membangun sinonim antara berbagai bidang berdasarkan konsep bidang dan habitus. Penulis mencoba mengungkap kesamaan metode penafsiran dan penjelasan kritis ini melalui kritik kedua pemikir tersebut terhadap Heidegger. Saya juga mencoba menunjukkan bahwa kedua pemikir tersebut, dalam kritik dialektis mereka terhadap rasionalitas, juga memiliki kesamaandalam upaya mereka untuk mencapai konsepsi nalar yang terbebas dari dominasi dan kekerasan simbolik dengan mengungkap mediasi sosial nalar yang termanifestasi dalam bidang-bidang budaya.

References

Adorno, T. W. (2002). Aesthetic theory. R. Hullot-Kentor (Çev.). Continuum.

Adorno, T. W. (2015a). Edebiyat yaz?lar?. S. Yücesoy ve O. Koçak (Çev.). Metis Yay?nlar?.

Adorno, T. W. (2015b). Sahicilik jargonu: Alman ideolojisi üzerine 1962-1964. ?. Öztürk (Çev.). Metis Yay?nlar?. Adorno, T. W. (2016). Negatif diyalektik (1. bask?). ?. Öztürk (Çev.). Metis Yay?nlar?.

Adorno, T. W. (2017). Metafizik: kavram ve sorunlar. ?. Serin (Çev.). ?thaki Yay?nlar?.

Adorno, T. W. ve Horkheimer, M. (2014). Ayd?nlanman?n diyalekti?i: felsefi fragmanlar N. Ülner ve E. Ö. Karado?an (Çev.). Kabalc? Yay?nc?l?k.

Bourdieu, P. (2006a). Alasan-alasan praktis: Tentang teori tindakan H. U. Tanr?över (Trans.). Hil Publications. Bourdieu, P. (2006b). Aturan-aturan seni: pembentukan dan struktur bidang sastra N. K. Sevil (Trans.). Yap? Kredi Publications. Bourdieu, P. (2013a). Kegunaan sosial dari ilmu pengetahuan: untuk sosiologi klinis bidang ilmiah. L. Ünsald? (Trans.). Publikasi Heretik.

Bourdieu, P. (2013a). Bilimin toplumsal kullan?mlar?: bilimsel alan?n klinik bir sosyolojisi için. L. Ünsald? (Çev.).

Heretik Yay?nlar?.

Bourdieu, P. (2013b). Seçilmi? metinler. L. Ünsald? (Çev.). Heretik Yay?nlar?.

Bourdieu, P. (2015). Ayr?m : Be?eni yarg?s?n?n toplumsal ele?tirisi. D. F. ?ennan ve A. G. Berkkurt (Çev.). Heretik Yay?nlar?.

Bourdieu, P. (2016). Sosyoloji meseleleri. F. Öztürk vd. (Çev.). Heretik Yay?nlar?. Bourdieu, P. (2018). Heidegger’in politik ontolojisi. A. Sümer (Çev.). MonoKL Yay?nlar?.

Bourdieu, P. (2019). Akademik akl?n ele?tirisi: Pascalca dü?ünme çabalar?. P. B. Yal?m (Çev.). Metis Yay?nlar?. Bourdieu, P. ve Wacquant, L. J. (2007). Dü?ünümsel bir antropoloji için cevaplar. N. Ökten (Çev.). ?leti?im Yay?nlar?. Fulbrook, M. (2014). Almanya’n?n k?sa tarihi. S. Gürses (Çev.). Bo?aziçi Üniversitesi Yay?nevi.

Gadamer, H.-G. (2008). Hakikat ve yöntem. Cilt I.. H. Arslan ve ?. Yavuzcan (Çev.). Paradigma Yay?nc?l?k. Gadamer, H.-G. (2009). Hakikat ve yöntem. Cilt II. H. Arslan ve ?. Yavuzcan (Çev.). Paradigma Yay?nc?l?k. Hegel, G. W. F. (2004). Tinin görüngübilimi. A. Yard?ml? (Çev.). ?dea Yay?nevi.

Hulatt, O. (2020). Aesthetic autonomy. P. E. Gordon, E. Hammer ve M. Pensky (Ed.), A Companion to Adorno içinde (ss. 351-364). Wiley Blackwell.

Küçük, Ö. (2020). Max Weber’in metodolojisinin etik ve siyasal içerimleri: Metafizik ?eyle?me deh?eti. E?itim, Bilim, Toplum, 18(69), 219-251.

Lukács, G. (2006). Penghancuran akal sehat. Volume II (1st ed.). A. Tek?en (Trans.). Payel Publishing House (Tanggal penerbitan asli 1954). Ö?ütle, V. S. (2013). Kritik terhadap individualisme metodologis. Ayr?nt? Publications.

Philipse, H. (2002). Pertanyaan-pertanyaan tentang metode: Heidegger dan Bourdieu. Revue Internationale de Philosophie, 220(2), 275-298.

Pinkard, T. (2020). Apa itu dialektika negatif?: Evaluasi ulang Adorno terhadap Hegel. Dalam P. E. Gordon, E. Hammer dan Dalam M. Pensky (Ed.), A Companion to Adorno (hal. 459-471). Wiley

Blackwell. Wolin, R. (1998). Kontroversi Heidegger: Seorang pembaca kritis. The MIT Press.

Downloads

Published

29-01-2024

How to Cite

Harisman, H., Kamaruddin, S. A., & Adam, A. (2024). Meta-Kritik Dialektika Adorno dan Sosiologi Refleksi Kritik Bourdieu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6077–6083. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13328

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check