Preferensi Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Elektronika Dasar dengan Pendekatan Augmented Reality-Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13377Keywords:
Minat Belajar, Hasil Belajar, Augmented Reality-Based LearningAbstract
Tidaknya antusiasme siswa terhadap materi Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Padang menimbulkan tantangan dalam memahami konsep dasar Rangkaian Elektronika, yang berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang memuaskan. Untuk mengatasi hambatan ini, diperlukan suatu pendekatan inovatif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penerapan metode Augmented Reality-Based Learning (ARBL) dalam meningkatkan minat dan pencapaian belajar siswa pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ARBL secara efektif mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Padang dalam pembelajaran Elektronika Dasar.
References
Aditama, P. W., Adnyana, I.N.W., & Ariningsih, K. A. 2019. Augmented Reality dalam Multimedia Pembelajaran. Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 02(1), 176-182.
Erfan, M., & Ratu, T. (2017). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Elektronika Dasar Melalui Digital Game-Based Learning. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Elektronika Dasar Melalui Digital Game-Based Learning, 332–337. https://doi.org/S0962-8924(12)00067-0 [pii]n10.1016/j.tcb.2012.04.004
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. 2017. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 02(2), 204-210. doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17315.
Husada, S. P., Taufina, & Zikri, A. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 04(2), 419-425. doi:10.31004/ basicedu.v4i2.373.
Indrawan, I. W. A., Saputra, K. O., & Linawati. (2021). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Interaktif dalam Pandemi Covid19. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 20(1), 61-70. doi: 10.24843/MITE.2021. v20i01.P07.
Kemmis S. & McTaggart C. (1988). The action research planner. Deakin: Deakin University Press Papastergiou, M. (2009). Digital game-based learning in high school computer science education: Impact on educational effectiveness and student motivation. Computers and Education, 52(1), 1-12.
Listiawati, E., & Komariyah, N. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Bus Math (Business Mathematic) pada Materi Barisan dan Deret. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Sciences Education, 02(1), 136-149. doi: 10.35719/mass.v1i2.30.
Mustaqim, I. 2016. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK), 13(2), 174-183. doi: 10.23887/jptkundiksha.v13i2.8525.
Mustaqim, K., & Kurniawan, N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmentet Reality. Jurnal Edukasi Elektro (JEE), 01(1), 36-48. doi: 10.21831/ jee.v1i1.13267.
Prihandini, T. F., Elmunsyah, H., & Rosyid, H. A. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D/3D Kompetensi Keahlian Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Teknik dan Edukasi Teknologi (JITET), 01(1), 17- 26. doi: 10.17977/UM068v1n1p17-26.
Prihatmoko, S., & Kurniawan, F. 2020. Penerapan Augmented Reality pada Media Pembelajaran Pemintalan Serat Buatan Berbasis Android (Studi Kasus: SMK Texmaco Semarang). Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(2), 80-93. doi: 10.51903/pixel.v13i2.317.
Suwarsih Madya. (1994). Panduan penelitian tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fakhrur Rozi, Yunanda Fitrah, Widi Aliffa Izzara, Ambiyar Ambiyar, Rizky Ema Wulansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).