Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match dengan Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Kelas V SDN 14 Rantau Utara

Authors

  • Karyn Hosana Sitompul Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Eva Betty Simanjuntak Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Apiek Gandamana Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Faisal Faisal Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Fajar Sidik Siregar Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13482

Keywords:

Make a Match, Teams Games Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada tema 1 menggunakan model Make A Match dengan Teams Games Tournament. Sampel penelitian terdiri dari 59 siswa, terdiri dari dua kelas. Penelitian metode kuantitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan tes hasil belajar, yang selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match (V-A) memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Games Tournament (V-B). Dimana dalam penelitian hasil belajar menggunakan model Make A Match adalah sebesar 85,33 dan model pemebelajaran Teams Games Tournament adalah sebesar 80,86. Adapun t hitung > t tabel atau 2,131 > 2,002, maka terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua model. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada tenaga pendidik di Kelas V agar dapat menerapkan model Make A Match dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam tema 1 yang memuat pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia.

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Hikmawati, F. (2018). Metodologi Penelitian (2nd ed.). PT Rajagrafindo Persada.

Isnawan, M G. (2020). Kuasi Eksperimen. Lombok: Nashir Al-Kutub Indonesia.

Milawati, N. A. (2019). Pengaruh Model Times Games Tournaments (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Amal Bakti Jati Agung Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Putri, K., & Syifa, M. A. (2020) Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1): 1-27.

Safitri, D. (2019). Pengaruh Model (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Pakuan Aji T.A 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Siyoto, S., & Ali, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. In Dasar Metodologi Penelitian.

Sudjono, A. (2000). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Downloads

Published

04-02-2024

How to Cite

Sitompul, K. H., Simanjuntak, E. B., Gandamana, A., Faisal, F., & Siregar, F. S. (2024). Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match dengan Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Kelas V SDN 14 Rantau Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7120–7133. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13482

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check