Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Problem Based Learning pada Tema 3 Subtema 2 di Kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024

Authors

  • Ratih Ayu Mustika Sari Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Fahrur Rozi Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Irsan Irsan Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Septian Prawijaya Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Masta Marselina Sembiring Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13564

Keywords:

Penelitian dan Pengembangan, Game Edukasi, SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media game edukasi berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 di Kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sd 064994 Medan Marelan yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian kevalidan oleh ahli materi “Sangat Valid” dengan perolehan hasil 90%. Sedangkan pada ahli desain media dengan hasil 84% dengan kriteria “Sangat Valid”. Penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi memperoleh hasil 95,7% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil pre-test memperoleh 52,75% dan hasil post-test memperoleh 88%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media game edukasi berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024.

References

Afnan, M., Lasmanan, I. W., & Margunayasa, I.G. (2022). Media Pembelajaran IPS Berbasis Android pada Topik Globalisasi di Sekitarku Bermuatan Tri Hita Karana untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10 (1), 1-8.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian:suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA. Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Atep Sujana, D. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif Teori dan Implementasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Audhiha, M., Febliza, A., Afdhal & Risnawati (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/Madrasah Ibdtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086-1097.

Darmadi, Hamid, dkk. (2018). Pengantar pendidikan suatu konsep dasar, teori, strategi, dan implementasi. Bandung: Alfabeta. Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Gava Media Devega, A., T. & Ghea, P., S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa SMK. Engineering and Technology International Journal, 1(1), 11-18.

Fauzia, F. A. & Junaidi, F.E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 372-386. Firdaus, Y. A & Yoyok. Y. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi “Petualangan Si Isaac” Berbasis Android Pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 240-249.

Handriyantini, E. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informatika & Komputer, 130-134.

Husniyah, Nur Azmi. (2021). Pengembangan Booklet Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Di Kelas IV SD. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis PowerPoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 16-27.

Indra, Widya &Yanti Fitria (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 59-66.

Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya. Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta.

Munir, Muhammad. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Journal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22(2), 184-190.

Nugroho, Arosyid Wahyu, dkk. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi “Marbel Fauna” pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). 6686- 6694.

Nurkancana, Wayan. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Prasetyo, A. F & Suhandi, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “ORMAS” (Organ Tubuh Manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198-1209.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik/Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pratiwi, A., & Wiranda, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi FPB dan KPK Kelas IV SD dengan Metode Tutorial. Computiting and Education Technology Journal, 3(1), 31-39.

Rahmadani, dkk. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938-940.

Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press 100

Riva'i, Zaenal., Nurina, A., & Achmad, F.D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 9(2), 106-119.

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian dan Pengembangan. Salatiga: Aswaja Pressindo.

Sari, D. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning melalui Game Edukasi Laciku pada Materi Operasi Aljabar Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sijoya, Putrako. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Tema 7 Sub Tema 3 Kelas IV SD . Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Siregar,Eveline & Frista, D. R. (2022). Game Edukatif Berbasis Powerpoint untuk Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 240-247.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Surahman, F, dkk. (2020). Pengembangan Media Modul Pembelajaran Tematik Tema Cuaca Subtema Perubahan Cuaca Untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Minda, 1(2), 5-7.

Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widiastuti, N. I & Irwan, S. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 1(2), 41-48.

Zahid, M. Z. (2018). Aplikasi Berbasis Android untuk Pembelajaran: Potensi dan Metode Pengembangan. Jurnal PRISMA, 1, 910-91.

Downloads

Published

09-02-2024

How to Cite

Sari, R. A. M., Rozi, F., Irsan, I., Prawijaya, S., & Sembiring, M. M. (2024). Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Problem Based Learning pada Tema 3 Subtema 2 di Kelas V SDN 064994 Medan Marelan T.A 2023/2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7783–7791. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13564

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check