Pengaruh Penerapan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Randy Meilano Pramudya Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syafril Syafril Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Eldarni Eldarni Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Winanda Amilia Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13671

Keywords:

Penerapan Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Informatika

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah rendahnya capaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika. Hal ini dikarenakan proses evaluasi atau penilaian hasil belajar dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah cenderung menggunakan cara konvensional yaitu berbasis kertas (paper based test) yang memerlukan biaya cukup besar untuk mengadaan kertas dan membuat siswa kurang tertarik saat mengerjakannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP N 1 Sitiung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP N 1 Sitiung. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berbentuk quasi eksperimen. Terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yakni kelas VII E dengan perlakuan memakai aplikasi quizizz serta kelas kontrol yaitu kelas VII F diberi perlakuan memakai kertas. Sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) yang sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata rata yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang menggunakan aplikasi quizizz (kelas eksperimen) lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan rata rata hasil belajar pada kelas eksperimen 79,2 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 61,8. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 6,648 dan t tabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,001. Jika dibandingkan thitung 6,648>2,001 dapat diartikan bahwa H1 diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan aplikasi quizizz berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

References

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, Suprapno, (2022), Pengembangan kurikulum merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi :Perumahan Puncak Joyo Agung Residence Kav. B11 Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. BAPALA, 7(3).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhartatik, T.(2020). Best practice implikasi media quizizz berbasis android terhadap kualitas pembelajaran dalam mencetak siswa ber prestasi ditingat nasional. Ahlimedia books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=jDP4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA19&dq=Suhartatik,+T.+(2020).+Best+Practice+Implikasi+Media+Quizizz+Berbasis+Android+Terhadap+Kualitas+Pembelajaran+Dalam+Mencetak+Siswa+Berprestasi+di+Tingkat+Nasional.+Ahlimedia+Book

Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Sleman: CV Budi Utama.

Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

14-02-2024

How to Cite

Pramudya, R. M., Syafril, S., Eldarni, E., & Amilia, W. (2024). Pengaruh Penerapan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8503–8512. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13671

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check