Meta-Analisis Pengembangan Media Permainan Truth Or Dare

Authors

  • Yanisa Sri Rahma Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Suci Fajrina Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13798

Keywords:

Meta-Analisis, Pengembangan, Truth or Dare

Abstract

Minat belajar merupakan hal penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu upaya untuk membangkitkan minat belajar peserta didik yaitu mengembangkan media permainan Truth or Dare. Permainan Truth or Dare adalah permainan kartu yang berisikan pertanyaan untuk dijawab secara benar dan berisi tantangan yang harus dilakukan secara berani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media permainan Truth or Dare. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel sejenis dari hasil pencarian beberapa jurnal melalui Google Scholar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 aritkel terkait pengembangan media permainan Truth or Dare. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata tingkat validitas pengembangan media permainan Truth or Dare sebesar 86,42% dengan kategori valid, sedangkan rata-rata tingkat praktikalitas sebesat 91,45% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil meta-analisis, pengembangan media permainan Truth or Dare dapat dikategorikan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Astuti, D., Frima, A., Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Media Permainan Truth or Dare (TOD) pada Pembelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 1 Air Lesing. Silampari Sains and Education, 1(2), 23-21.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, R. R., & Purnomo, T. (2023). Pengembangan Media Truth and Dare Berbasis SSCS Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(3), 608-620.

Fadillah, Q. N., Hakim, L., & Noviati. (2023). Pengembangan Kartu Pertanyaan Truth or Dare pada Materi Perubahan Wujud Zat Siswa Sekolah Dasar. innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8333-8346.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Pembelajaran. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149-166.

Fajri, K., & Taufiqurrahman. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1-15.

Fanny, C. D. A., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 108-121.

Harsanti, D. W., & Lathifah, R. M. (2023). Pengaruh Penerapan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 125-132

Haspen, C. D. T., & Festiyed. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 180-187.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

Khakimah, N., & Sari, A. D. I. (2024). Implementasi Permainan Tradisional Ular Tangga guna Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 11-20.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10.

Nugroho, D. A., Ningsih, R., & Sancaya, S. A. (2022). Pemanfaatan Media BK Kartu Truth Or Dare sebagai Sarana Meningkatkan Sopan Santun Peserta Didik. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 29-34.

Nurhayati, I., Puspasari, D., (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Truth or Dare pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP 1 di SMKN 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 131-137.

Prahesti, I. N., & Mintohari. (2023). Pengembangan Media Truth or Dare Board Game Berbasis Food Adventure dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 11(10), 2105-2116.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Puspitasari, W., & Pratiwi, T. I. (2019). Pengembangan Modifikasi Permainan Truth or Dare untuk Meningkatkan Konsep Diri Di Kelas XII IPA MAN 2 Gresik. Jurnal BK UNESA, 10(3), 86–94.

Rahayu, W., & Martini. (2019). Penggunaan Media Permainan Truth or Dare pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 279–283.

Rahmi, S. N., & Yogica, R. (2021). Media Kartu Permainan Berbasis Truth or Dare Play (TODP) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 399-405.

Rizqiyah, N. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Khadijah Surabaya. JUPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 277-281.

Sagala, A. F. H., Mariani, & Mansyur, A. ( 2023). Pengembangan Media Truth or Dare Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Motivasi Belajar Matematika siswa SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matermatika, 7(2), 1571-1581.

Sakti, A. O. P. (2020). Pengembangan Media Kartu Truth or Dare Fisika dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament dalam Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Penguasaan Materi Fisika Peserta Didik SMA. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Utama, N., & Zulyusri (2022). Meta-Analisis Praktikalitas Penggunaan E-modul Oleh Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran. JB&P : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 9(1), 27-33.

Vijayta, E. S., & Isnawati, I. (2021). Profil dan Validitas Media Permainan Truth Or Dare Berbasis Tgt untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 68–76.

Wandini, R. R., Perangin-Angin, I. H., & Priantono, D. (2024). Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik di SMP IT Mutiara Aulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 561-566.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75–82.

Downloads

Published

20-02-2024

How to Cite

Sri Rahma, Y., & Fajrina, S. (2024). Meta-Analisis Pengembangan Media Permainan Truth Or Dare. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9260–9267. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13798

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check