Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Video Animasi Pada Materi Volume Bangun Ruang Berbantuan Software Powtoon Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13898Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Software PowtoonAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi dan media pembelajaran media pembelajaran video animasi berbantuan software powtoon pada materi volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar yang praktis. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan Pengembangan R & D (Research and Method). Model Pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D Borg & Gall yang telah dimodifikasi dengan model prosedural. Subjek uji coba dalam penelitian ini terbagi atas uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang ditujukan kepada siswa kelas V SD Negeri 06 Parit Antang Bukittinggi dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 siswa dan subjek penelitianya Kelas V SD N 03 Pakan Labuah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini ada dua hal berikut ini. Pertama, Berdasarkan hasil akhir dari uji validitas pengembangan media pembelajaran berbantuan software powtoon dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sudah valid dan layak diuji cobakan di lapangan. Kedua, Hasil uji praktikalitas media pembelajaran berbantuan software powtoon yang peneliti kembangkan sudah dinyatakan praktis oleh peserta didik dan juga guru di kelas V Sekolah Dasar baik disekolah uji coba maupun di sekolah penelitian.
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4 (1).
Afandi. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Sekolah. Eupeidia (Jurnal Studi Pendidikan dan Pendagogi Islam).5 (1) 225-8164.
Agustien, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, Vol. 1.
Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8, 1-9.
Alyusfitri, R., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 sengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2) 1281-1296 .
Amris, F, K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Junal Basicedu, 5(4), 2171-2180
Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon sebagai Solusi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran. 7 (2).
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (4), 2415-2322
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2), 353-361.
Daulae, T, H. (2019). Langkah- Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Kualitas Pembelajaran. Forum Pendagogik, 10 (1)
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1 (4).
Fatia, I., & Ariani, Y,. (2020) Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503-511.
Hydayat, A., Ariani, Y., Dasar, G. S., & Padang, U. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flip PDF Profesional Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15683-15688.
Mashuri, D, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD, 8 (5).
Melina, N., & Masniladevi. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar FBB dan KPK di Kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Sutera. Jurnal Penidikan Tambusai, 4(3), 2502-2507. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.736
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik Yogyakarta: UNY Press
Prasetya, W.A, Suwatra, I.I, & Mahadewi, L.P.P. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan,5 (1)
Purnami, N, P, M, D,. dkk (2022). Pemanfaatan Powtoon sebagai media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi.
Saputri, A., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran Penyajian Data Diagram Batang Di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2698-2707.
Sugini, C, M., & Masniladevi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies,3(1)
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ummi, K. K., & Erita, Y. (n.d). Pengembangan Modul Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Profesional Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. 4 (1)
Veronika, A., & Zainil, M. (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PMRI menggunakan Konteks Olahraga Karate untuk Siswa SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 76-84
Yulia, D., & Novia,E,. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa IIS Kelas X di SMA Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. 2 (1).
Zainil,M., Helisa, Y., Ahmad, S., Ningsih, Y., Ningsih H., & Yanti, W,T. (2019). The differences in geometry cognitive learning results using ICT AdobeFlash CS6 program. Jounal of Physics: Conference Series, 1321 (2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022090
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wahyuni Rahmi Putri, Melva Zainil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).