Pengaruh Permainan Memancing Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Abjad Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14528Keywords:
Permainan Memancing Huruf, Kemampuan Mengenal Abjad, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana Pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenal huruf Pada Anak Di TK Sabbihisma 2 Ulak Karang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh anak TK Sabbihisma 2 ulak karang dan sampel yaitu kelas B3 dan B5 masing-masing berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data berupa tes lisan dan tes perbuatan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Adapun hasil penelitian ini yaitu rata-rata kemampuan mengenal abjad pada anak di kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 11,6 dan pada (posttest) setelah di beri perlakuan pada kelas eksperimen itu meningkat 17,6. Pada kelas kontrol rata-rata pre test 11 dan setelah di lakukan post test itu sebesar 15,3. Dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.014 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenalkan huruf pada anak di taman kanak kanak sabbihisma 2 ulak karang.
References
buku panduan pembelajaran dan asesmen Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar dan menengah. 2022
Fadlillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Yayasan Estentia Medica.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud No.137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Sauddah, N. 2016. Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Memancing Huruf Pada Anak Kelompok A TK Plus “Al Ikhlas” Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Seefeld,Carol & Barbara, A Wasik.2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Alih bahasa: Pius Nasar.Indeks. Jakarta.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet
Sujiono, Yuliani, Nurani. (2009). Permainan Memancing Huruf. Jakarta : Universitas Terbuka.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyuningtyas, P. A. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini Di Tempat Penitipan Anak. Jurnal.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yuliani Nurani, Sujiono. "Metode Pengembangan Kognitif." Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka (2014).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Afni Tania, Rakimahwati Rakimahwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).