Analisis Kebutuhan Multimedia Berbasis Android Pada Materi Animalia Untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Deli Saputra Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • S Fuadiyah Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahui Alam Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Media, Media Pembelajaran, Multimedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran biologi berupa multimedia berbasis android untuk peserta didik kelas X di SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini merupakan pengembangan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan penyebaran angket terhadap murid kelas X juga wawancara bersama guru biologi. Hasil analisis angket murid juga wawancara bersama guru memperlihatkan bahwasanya materi animalia merupajkan satu diantara materi yang tersulit dipahami peserta didik. Kesulitan peserta didik terhadap materi animalia yaitu karena materi memiliki banyak istilah, bersifat abstrak, penggunaan bahasa yang suit dipahami dan kurangnya gambar-gambar penunjang dalam menjelaskan materi. Guru sudah menggunakan berbagai bahan ajar pada proses pembelajaran biologi, seperti buku cetak, e-book, e-modul, e-LKPD, juga ditunjang beserta pemberian media ajar dalam bentuk power point yang disampaikan dengan metode ceramah. Tetapi itu semua masih belum cukup menarik minat peserta didik untuk membaca materi maupun memahami pelajaran biologi. Upaya guru dalam mengatasi masalah itu adalah dengan memberikan video-video pembelajaran yang diunduh dari Youtube. Akan tetapi, usaha yang dilakukan guru belum memperoleh hasil yang signifikan. Guru dan peserta didik mengaku belum pernah menggunakan multimedia berbasis android dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya menyelesaikan problematika ini yaitu melalui pengembangan media pembelajaran dalam bentuk multimedia berbasis android yang valid juga praktis.

References

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13.

Cholik, C.A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura?: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–46.

Indriani, D., Rahayuningsih, S.I., & Sufriandi (2021). Durasi Dan Aktivitas Penggunaan Smartphone Berkelanjutan Pada Remaja. JIM FKEP, Vol 5. 124- 130.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33-42.

Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 36–45.

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.

Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0–5.

Masruroh, R. D., Karyanto, P., & Indrowati, M. (2014). Studi Komparasi Pemahaman Konsep Sistem Pernapasan Manusia Melalui Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme tipe Novick Dipadu Concept Map dan Ceramah Bervariasi. Bioedukasi, 7(1).

Masykhur, M. A., & Risnani, L. Y. (2020). Pengembangan Dan Uji Kelayakan Game Edukasi Digital Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas X Pada Materi Animalia. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 90-104.

Munir, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (2), 184-190.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42-45.

Prayitno, T.A., & Hidayati, N. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Materi Mikrobiologi Berbasis Edmodo Android. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 86-93.

Pribadi, B.A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126.

Setyaningsih, G., Prasetyo, M.A.W., & Hidayah, D.B. (2019). Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMPN 1 Nusawungu berbasis Smartphone Android. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 246-256.

Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. jurnal promosi, Vol. 3. 73–82.

Ummah, K., Ami, M. S., & Meishanti, O. P. Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Reading, Questioning, And Answering (RQA) Materi Virus Kelas X. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 8(1), 19–25.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember : Cerdas Ulet Kreatif.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Perfoma Akademik Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.

Yogica, R., Lufri, & Sumarmin, R. (2014). Efektivitas Modul Bergambar Disertai LKS Berorientasi Konstruktivistik Terhadap Proses dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1).

Downloads

Published

23-05-2024

How to Cite

Saputra, D., & Fuadiyah, S. (2024). Analisis Kebutuhan Multimedia Berbasis Android Pada Materi Animalia Untuk Peserta Didik Kelas X SMA . Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 19465–19474. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15219

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check