The Effect of Using Jumbled Letter Game Toward Students’ Vocabulary Mastery at MTs Terpadu Guguak Randah
Keywords:
Penguasaan Kosakata, Permainan Huruf Campur adukAbstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan yang ditemukan peneliti. Yang pertama sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami makna kosa kata, yang kedua guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran di kelas, sebagian siswa mengatakan tidak tertarik dan yang terakhir sebagian besar siswa kesulitan dalam menghafal kosa kata baru. Untuk itu peneliti memberikan solusi dengan menggunakan strategi permainan Jumbled Letters terhadap pencapaian kosakata siswa. Permainan Jumbled Letters berkaitan dengan permasalahan ini karena permainan ini bertujuan untuk membantu penguasaan kosa kata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Jumbled Letters Game terhadap penguasaan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain eksperimen semu dengan membandingkan dua kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8 MTs Terpadu Guguak Randah. Kemudian peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengumpulan data, instrumen penelitian ini adalah tes kosakata berupa 25 soal pilihan ganda dan pengisian gap, yang diujikan pada pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menggunakan rumus uji-t dengan membandingkan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui SPSS 26 dengan menggunakan uji Independent sample t-test. Berdasarkan keluaran Statistika nilai Sig. adalah 0,00 < 0,05. Artinya Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap siswa yang diajar dengan menggunakan Jumbled Letters. Berbeda dengan metode konvensional, Permainan Jumble Letters menunjukkan peningkatan hasil, terdapat perbedaan kinerja yang signifikan, dan siswa dalam Permainan Jumble Letters memperoleh nilai yang lebih tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen (91,5) lebih besar dibandingkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (84,5). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan permainan Jumbled Letters terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 8 MTs Terpadu Guguak Randah. Kata kunci: penguasaan kosakata, permainan huruf campur aduk.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Rahmatun Nisyak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).