Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan Unsur Atom Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Guntur Putra Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Bayu Ramadhani Fajri Jurusan Teknik Elektronika Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3047

Keywords:

Augmented Reality, Kimia, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan Unsur Atom Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality yang valid dan layak digunakan oleh guru dan siswa. Aplikasi ini dalam bentuk media interaktif berbasis AR menjadikan siswa lebih penasaran dan tertarik dengan isi dari aplikasi tersebut karena dirancang dengan inovasi teknologi yang memuat teks, gambar, audio,dan video. Sehingga menambah minat siswa untuk belajar. Bentuk metode penelitian adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hanya saja penelitian yang dilakukan berbatas pada tahap Development (Pengembangan). Validasi produk yang dikembangkan divalidkan 2 validator yang terdiri validator media. Berdasarkan hasil penilaian dari validator media, diperoleh hasil validasi dengan rata-rata sebesar 3,78 dan digolongkan “Sangat Valid”. Sehingga dapat dikatakan bahwa media Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan Unsur Atom Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality layak digunakan oleh siswa kelas X SMA pada jurusan IPA.

References

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2 (1), 1–11.

Endra, R. Y., & Agustina, D. R. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Augmented Reality. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 9 (2).

Indriani, R., Sugiarto, B., & Purwanto, A. (2016). Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking Vuforia. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4 (1), 4–7.

Muin, A. (2017). Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Ndonesian Journal Of Educational Studies, 20 (2).

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2 (2), 8–18.

Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2018). Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Nasional PendidikanTeknik Informatika: JANAPATI, 6 (3), 256–270.

Sastrohamidjojo, E. (2018). Kimia Dasar. UGM PRESS.

Sutresna, N. (2007). Cerdas Belajar Kimia. PT Grafindo Media Pratama.

Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak. Jurnal Teknologi, 8 (2), 103–114.

Downloads

Published

08-02-2022

How to Cite

Putra, G., & Ramadhani Fajri, B. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan Unsur Atom Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1142–1148. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3047

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check