Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3101Keywords:
Media Pembelajaran, Android Studio, Flutter, Addie, LaravelAbstract
Proses pembelajaran animasi 2 Dimensi jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Merangin masih menggunakan buku, papan tulis, power point dan alat peraga sebagai media pembelajaran.Aplikasi Media pembelajaran ini bertujuan agar siswa bisa belajar mandiri serta bisa digunakan ketika berada di luar sekolah atau ketika siswa berada di rumah dan dimana pun. Aplikasi ini dirancang dengan platform berbasis mobile.Teknik Animasi 2 Dimensi adalah salah satu mata pelajaran untuk semua kelas XI Multimedia. Dikembangkan menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang masih dipakai pada saat sekarang. Media pembelajaran berbasis android ini dibangun menggunakan software utama yaitu Development Kit Flutter dan Android Studio, Framework Laravel, pemograman PHP. Hasil dari tugas akhir ini yaitu menghasilkan sebuah media pembelajaran sebagai sarana untuk belajar mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi, dimana didalamnya terdapat beberapa menu seperti petunjuk, materi, video, evaluasi dan about. Dengan adanya medi ini di harapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam belajar Teknik animasi 2.
References
K. Subhan, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar,” VOTEKNIKA, vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.36352/jr.v2i1.129.
U. N. Permadi and A. Huda, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar SMK,” J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 4, pp. 30–39, 2019.
D. Purnama Sari and R. Wijanarko, “Implementasi Framework Laravel pada Sistem Informasi Penyewaan Kamera (Studi Kasus di Rumah Kamera Semarang),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, p. 32, 2020, doi: 10.36499/jinrpl.v2i1.3190.
A. Jeklin, “??No Title No Title No Title,” vol. 3, no. July, pp. 1–23, 2016.
N. Afitri and K. Budayawan, “RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KOMPUTER BERBASIS MOBILE Nurva Afitri 1* , Khairi Budayawan 2 1,” vol. 7, no. 3, 2019.
N. L. Purnamasari, “Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran Anak Sekol. Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 23–30, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Depi Nopita Sari, Yasdinul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).