Analisis Naskah Drama Lumpur Kemiskinan Karya Marjan Fariq Adaptasi Dari Cerpen Gerobak Karya Seno Gumira Ajidarma: Suatu Pendekatan Humaniora
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3232Keywords:
Intrinsik, Kritik Sosial, HumanioraAbstract
Analisis ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kelas antar tokoh dalam naskah drama “Lumpur Kemiskinan” karya Marjan Fariq. Analisis ini menggunakan pendekatan Humaniora. Data yang diambil berupa kalimat dan paragraf yang mengandung penggambaran mengenai toleransi antar kelas, tentang kelas rendah dan kelas sosial ke atas. Selain itu juga medeskripsikan unsur-unsur pembangun naskah drama “Lumpur Kemiskinan”. Analisis terhadap teks yang menelaah kritis sosial berfokus pada unsur ekstrinsik. Di dalam naskah drama “Lumpur Kemiskinan” berisi beberapa sindiran-sindiran antara kelas rendah dan kelas atas. Perbedaan taraf ekonomi yang dominan menjadi konflik utama yang terjadi dalam naskah drama “Lumpur Kemiskinan”. Analisis yang dipaparkan juga bentuk unsur intrinsik naskah, supaya pembaca betul memahami isi dari naskah drama “Lumpur Kemiskinan”.
References
Indonesia. Malang: YA3.
Breek, Peter. (2002). Shifting Peint: Percikan Pemikiran Tentang Teater, Film, dan Opera. Yogyakarta: MSPI dan Arti.
Budianta, Melanie,dkk. (2002). Membaca Sastra, Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Magelang : Indonesia.
Effendi, Anwar dkk. (1998). Pengajaran Apesiasi Sastra. Jakarta: Depdikbud.
Griffiths, T. R. (2004). Stagecraft . New York: Phaiden Press Limited.
Irvin, Pelly. (2003). Directing For Stage. Switzerland: RotoVision SA.
Ishak, S. (1990). Pengalaman Menonton Teater. Kuala Lumpur : Dewan Bahasa Pustaka.
Kurniawan, A. (2020, September 24). Pengertian Drama Menurut Para Ahli, Bentuk, Unsur, Ciri, dan Contohnya. Dipetik November 8, 2020, dari Guru Pendidikan: www.gurupendidikan.co.id
Misseuri, Down William, Leu Anne, Erik Ramsey. (2007). Experiencing The Art Of Theater: A concise Introduction. Amerika: Thomson Learning.
Mulyaningsih, C. T. (2017). Kritik Sosial dalam Naskah Drama TIK, Karangan Budi Yasin Misbach: Suatu Pendekatan Hermeneutik. Kajian Sastra , 255-256.
Nugiantoro, Burhan. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Roedjite. (2004). Warisan Roedjite: Sang Master Tata Panggung Perihal Teater dan Sejumlah Aspeknya. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.
Sujarwa. (2019). Model dan Paradigma Teori Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thabroni, G. (2019, Desember 16). Pengertian Drama Unsur, Jenis dan Langkah Menurut Para Ahli. Dipetik November 8, 2020, dari serupa.id: www.serupa.id
Withmore, Jen. (1994). Directing Postmodern theatre. New York: Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Nurul Purwasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).