Pengembangan Media Kotak Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Deli Lestari 1Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Rita Kurnia Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Zulkifli Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3349

Keywords:

Mengenal Huruf, Media Kotak Huruf, Research and Development Brog & Gall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Kotak Huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development Brog & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari beberapa tahap yakni potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi poduk, dan revisi produk. Dalam penelitian ini melakukan uji coba terbatas yang dilakukan pada 6 orang anak. Dari analisis data dapat dilihat bahwa hasil penilaian dari validator ahli materi dan ahli media I memperoleh persentase sebesar 82,% dengan kategori sangat layak dengan saran untuk menggubah  ukuran huruf lebih dibesarkan. Penilaian dari validator ahli materi dan  ahli media memperoleh persentase sebesar 80,4% dengan kategori  layak. Selanjutnya penilaian oleh 5 guru TK yang sertifikasi mendapatkan persentase sebesar 85% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Kotak Huruf  layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun.

References

Amalia, S., & Patiung, D. (2021). Pengembangan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598

ANGGRAINI, P., & AGUSTIN NINGRUM, M. (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 7(3), 1–6.

Arsyad, A. (2013). media pembelajaran. raja grafindo persada.

Asmaul Husni. 2021. Pengembangan Media Guling Kelereng (Gulireng) Untuk Pengenalan Huruf Abjad Dasar Pada Anak. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Budiningsih, C. A. (2012). belajar dan pembelajaran. Rinekacipta.

Cut Maranda Suryati. 2021. Pengembangan Media Papan Pintar Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kurnia, R., & Solfiah, Y. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 341–350. https://doi.org/10.21009/jpud.122.15

Paud, P. G., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2003). PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF JUMOFAN ( JUMANJI MODIFIKASI FANTASI ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN Rizka Aisyah.

riduwan. (2012). Pengantar Statistik Sosial. alfabeta.

Rusdianti, A., Solfiah, Y., & Kurnia, R. (2020). Pengembangan Media Getar ( Geometri Putar) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1210

sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. alfabeta.

sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. alfabeta.

Tiningsih, Emi, D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, Vol.8(2), 399–408. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1729

Downloads

Published

17-03-2022

How to Cite

Lestari, D. ., Kurnia, R. ., & Zulkifli. (2022). Pengembangan Media Kotak Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3066–3077. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3349

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check