Problem Based Learning dengan Aplikasi Screencast-O-Matic dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Siti Nurhayati SMKN 1 Cangkringan, Sleman, DIY, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3352

Keywords:

Problem Based Learning, Screencast-O-Matic & Quizizz, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar daring peserta didik kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan aplikasi Screencast-O-Matic dan Quizizz.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan adalah terjadinya peningkatan keaktifan peserta didik, kualitas pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata untuk kemampuan guru sebesar 83,50; keaktifan peserta didik sebesar 71,38; dan hasil belajar sebesar 76,44. Kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kemampuan guru sebesar 89,00; keaktifan  peserta didik sebesar 82,19; dan hasil belajar sebesar 84,06.

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Arjanggi, R., & Setiowati, E. A. (2013). Meningkatkan belajar berdasar regulasi diri melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 55-63.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Irawan, A., Pratomo, A., Risa, M., & Heldiansyah, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Staff Pengajar Di Lingkungan Smp Negeri 24 Banjarmasin. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 3(1), 55-65.

Kemmis, Stephen & Robin Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Mulatsih, B. (2020). Application Of Google Classroom, Google Form And Quizizz In Chemical Learning During The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.

Purbokawotjo, R. Suganda, A. Gazali, dan D.H. Dequitjo (1990). Pengantar Paedagogik. Jakarta. Penerbit Ganeca.

Rahma, R., & Safarati, N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemic Covid 19. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Rohani H.M., Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173.

Sudarsono, S. (2021). Peningkatan efektivitas pengajaran kimia di masa pandemi dengan media screencast o matic. Khazanah Pendidikan, 15(1), 31-41.

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 1(3), 206-214.

Suparman, M. Atwi, (2001). Desain Instruksional. Pekerti Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tritjahjo Danny Soesilo, (2015). Teori dan Pendekatan Belajar : Implemantasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta. Penerbit Ombak.

Yusuf, N. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2020). Pengaruh Model PBL Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230-235.

Downloads

Published

17-03-2022

How to Cite

Nurhayati, S. (2022). Problem Based Learning dengan Aplikasi Screencast-O-Matic dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3078–3084. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3352

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check