Majas Hiperbola dalam Tuturan Vicky Prasetyo pada Kanal YouTube Trans7 Official
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3394Keywords:
majas hiperbola, ciri-ciri, Vicky PrasetyoAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kebahasaan yang berjudul Majas Hiperbola dalam Tuturan Vicky Prasetyo pada Kanal YouTube Trans7 Official. Masalah pada penelitian ini adalah: Apa saja ciri-ciri majas hiperbola dalam tuturan Vicky Prasetyo pada kanal Youtube Trans7 Official?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan ciri-ciri majas hiperbola dari tuturan Vicky Prasetyo pada kanal youtube Trans7 official. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari 8 video pada kanal youtube Trans7 official. Data-data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dengan mengunduh video dan teknik catat dengan menulis tuturan-tuturan yang ada dalam video.
References
Angga, P. (2019). Analisis Majas Hiperbola Daalam Lirik Lagu Populer Andy Lau. Skripsi. Jakarta: Universitas Darma Persada.
Badan Pusat Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa (N.D). Merek (Def.1). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi) Online. Diakses 28 Oktober 2021, Melalui Https://Kbbi.Kemendikbud.Go.Id/.
Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.
Dian, U. H., Ferdian, A., & Iqbal, S. A. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 13-26.
Gustina, M. (2015). Gaya Bahasa: Pengetahuan Dan Penerapan. Klaten: Pt. Intsn Pariwara.
Hani'ah, M. (2018). Panduan Terlengkap Puebi (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Yogyakarta: Laksana.
Inieke, K. P. (2013). Analisis Gaya Bahasa Hiperbola Dan Personifikasi Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Keraf, G. (2006). Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Mar'atun, S. (2016). Penggunaan Gaya Bahasa Hiperbola Dalam Kata-Kata Mario Teguh.Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Murdhiana, H. S. (2017). Penggunaan Gaya Bahasa Hiperbola Wacana "Ah Tenane" Pada Solopos Edisi September 2012. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkaji Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pateda, M. (2010). Semantik Leksikal. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Rahma, S. D. (2013). Estetika Dan Etika Tari Guel Pada Masyarakat Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Seni Tari, 5.
Rahman, E. (2004). Bahan Ajar Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, Dan Jurnalistik Universitas Riau.
Rini, D. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma, 266-269.
Saadah, S. R. (2013). Estetika Dan Etika Tari Guel Pada Masyarakat Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Seni Tari, 5.
Siswono. (2014). Teori Dan Praktik Diksi, Gaya Bahasa, Dan Pencitraan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Allabela.
Szasza, N. (2020). Majas Hiperbola, Sarkasme, Dan Personifikasi Dalam Lirik Lagu Album Slank Kissme Karya Slank Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Aldha Naila Rahmadani, Mangatur Sinaga, Silvia Permata Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).