Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Operasi Bilangan Bulat pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5265Keywords:
Multimedia Interaktif, Berbasis Android, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif berbasis android materi operasi bilangan bulat kelas VI SD. Pengembangan Multimedia interaktif berbasis android ini menggunakan metode Research and Development yang dikolaborasikan dengan Model pembelajaran Hannafin dan Peck. Model Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahapan yaitu analisis kebutuhan, tahap desain, dan tahap pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Hayatul Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli menunjukkan kelayakan multimedia interaktif berbasis android operasi bilangan bulat dengan perolehan persentase sebesar 91,25% dari ahli materi, 83.13% dari ahli media, dan 88,16% dari ahli bahasa, sehingga produk ini termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba produk kepada guru memperoleh persentase sebesar 92,74% dan hasil uji coba kepada siswa kelas VI memperoleh persentase rata-rata sebesar 98,93% dengan kategori sangat baik.Penilaian keefektifan dilihat dari hasil pretest dan postest diperoleh nilai 84,82 masuk kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis android dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan cukup efektif.
References
Ahyar, H. et al. (2020) Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.
Alrasheedi, M. and Capretz, L. F. (2015) ‘An Empirical Study of Critical Success Factors of Mobile Learning Platform from the Perspective of Instructors’. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.463.
Ana Maritsa, unik hanifa salsabila, Wafiq, Muhammad, Putri rahma Anindya, Muhammad Azhar, U. A. D. (2021) ‘PENGARUH TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN’, Jurnal Penelitiaan dan kajian sosial keagamaan, 18(2), pp. 91–100. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Armansyah, et. al (2019) ‘MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA VISUALISASI DASAR-DASAR ANIMASI’, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), pp. 224–229.
Dian Puspita Eka Putri, A. M. ( U. N. Y. (2018) ‘PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KIMIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN PRINSIP MAYER PADA MATERI LAJU REAKSI’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), pp. 38–47.
Hafidz, A. (2015) ‘Penelitian Penelitian Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat’, 1(1), pp. 118–127.
Ichwan, M., Hakiky, F. and Informatika, J. T. (2011) ‘PENGUKURAN KINERJA GOODREADS APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) PADA APLIKASI MOBILE ANDROID (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku) M.’, jurnal Inofrmatika, 2(2), pp. 13–21.
M Hakky, Rasyid Hardi Wirasasmita, M. Z. U. (2018) ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI’, Jurnal Pendidikan Informatika, 2, pp. 24–33.
Mulyati, S. and Anggraeni, W. (2017) ‘Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Matematika Sd Kelas 6 Berbasis Android Pada Sdn Cimone 1 Tangerang’, Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, 6(2), pp. 1–11. Available at: https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jt/article/download/374/262.
Novitasari, D. (2016) ‘Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa’, FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), p. 8. doi: 10.24853/fbc.2.2.8-18.
Priatna, N. and Yuliardi, R. (2019) Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD.
Purnama, S. and Asto B, I. (2014) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo’, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), pp. 275–279.
Putra, I. E. (2013) ‘TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI’, 1(2), pp. 20–25.
Ricu Sidiq, N. (2020) ‘Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar’, 9(1), pp. 1–14.
Salim, K. and Tiawa, D. H. (2015) ‘The Student ’ s Perceptions of Learning Mathematics using Flash Animation Secondary School in Indonesia’, 6(34), pp. 76–80.
Sonya et al. (2022) ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA’, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).
Suryana, I. M., Suharsono, N. and Kirna, dan I. M. (2014) ‘Pengembangan Bahan Ajar Cetak Menggunakan Model Hannafin & Peck Untuk Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya’, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran (Volume 4 Tahun 2014), 4, pp. 1–1.
Wijayanti, L. M. (2017) Hakikat matematika dan pembelajaran matematika di sd.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dina Luthfya Okta MustikaAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).