Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Lectota Inspire dalam Pembelajaran PPPAV di SMKN 1 Ranah Ampek Hulu

Authors

  • Yovi Randa Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Legiman Slamet Departemen Teknik Elektronika, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5387

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa pemahaman siswa akan materi pelajaran pemeliharaan dan perbaikan peralatan audio dan video masih kurang. Untuk memecahkan masalah ini, peneliti mengembangan media belajar interaktif dengan metode pengembangan Instructional Development Institute (IDI), yang melibatkan penetapan prinsip define, develop, dan evaluate. Perancangan ini menggunakan software Lectora Inspire yang berguna untuk membuat media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan persentase 95% oleh ahli media, 94 % oleh ahli materi, dan 85,76% oleh siswa. Selain itu, respon siswa menunjukkan bahwa pengembangan media ini berhasil, sehingga dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu mengatasi kurangnya pemahaman materi pelajaran di kalangan siswa.

References

Aditya, (2012). ‘Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar. Yogyakarta: UIN Yoyakarta‘

Arsyad, Azhar. 2017.. Media Pembelajaran”..Jakarta : Rajagrafindo Persada‘

Azhar Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. ”.Jakarta: Rajawali Pers‘

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media‘

Daryanto. 2013. ‘Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media‘

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta‘

Mustiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustaka. ‘

Najikhah, F., Budiyono, & Wardi. (2016). “Keefektifan MPI Game Edukasi Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas 1 Sekolah Dasar.” ‘Indonesian Journal of Curiculum and Educational Technology Studies. 4 (2) Hlm. 58-65.

Subhan. 2019. “ Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK”. Skripsi tidak dipublikasikan.Universitas Negeri Padang. ‘

Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, Aditin Putria.(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.”.Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ”.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, 2009. ”. ”.

Yanto, Doni Tri‘ Putra. ‘"Praktikaltas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik." INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19.1 (2019): 75-82. ‘

Winataputra, Udin S. 2008.”.Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas”.Terbuka. Jakarta.

Downloads

Published

08-02-2023

How to Cite

Randa, Y. ., & Slamet, L. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Lectota Inspire dalam Pembelajaran PPPAV di SMKN 1 Ranah Ampek Hulu . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1046–1053. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5387

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check