Pelaksanaan Pengenalan Lambang Bilangan Menggunakan Adobe Flash CS5 dalam Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak

Authors

  • Yuza Farioza Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Asdi Wirman Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5397

Keywords:

Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5, Lambang Bilangan

Abstract

Pengenalan lambang bilangan pada anak sudah bisa dikenalkan pada usia dini. Pengenalan lambing bilangan bisa dikenalkan oleh siapa saja terutama di Pendidikan Anak Usia Dini. Pengenalan lambang bilangan bisa dilakukan dengan berbagai macam media, baik media buku, papan angka, balok angka, serta media digital. Pengenalan lambang bilangan menggunakan media digital sangat jarang digunakan di Taman Kanak-kanak. Kemajuan perkembangan zaman, mengharuskan guru mampu memvariasikan media pembelajaran seperti membuat aplikasi pengenalan angka menggunakan Adobe Flash CS5 yang telah diterapkan di Taman Kanak-kanak Villa Beta Perupuk Tabing Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk melihat bagaimana pengenalan lambang bilangan dalam proses pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS5  di Villa Beta Perupuk Tabing Kota Padang. Target  penelitian adalah guru dan murid yang ada di Taman Kanak-kanak Villa Beta Perupuk Tabing Kota Padang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pertama yaitu observasi di sekolah dengan mengamati proses pengenalana lambang bilangan dan mengamati bagaimana menggunanaan media Adobe Flash CS5. Kemudian melaksanakan wawancara terhadap guru yang mengajar di kelas. Wawancara yang dilakukan sesuai dengan format yang telah dibuat. Lalu, langkah terakhir yang dilakukan yaitu pengambilan dokumentasi berupa foto dan video.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pengenalan lambang bilangan guru telah memvariasikan media pembelajaran dalam pengenalan lambang bilangan menggunakan menggunakan Adobe Flash CS5. Dalam pengenalan lambang bilangan menggunakan Adobe Flash CS5 anak sangat antusias dan semangat dalam proses pembelajaran.

References

Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

B. Rini (ED).2011.Mudah Membuat Animasi Dengan Adobe Flash CS5.Yogyakarta:Andi Offset

Chandra. 2011. 7 Jam Belajar Interaktif Flash CS5 untuk Orang Awan. Palembang: Maxikom.

Darmawan, D. (2012). “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Ismayani, Ani. 2010.Fun Math With 2 Children Mengenalkan Matematika Kepada Anak Usia 2 Hingga 6 Tahun Melalui Beragam Aktivitas.Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Hasanah, S.2014. Upaya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media permainan memancing ikan pada anak, 2(2), hlm. 1-8.

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta : Tugu Publiser.

Komputer, Wahana. 2011. Mudah Animasi dengan Adobe Flash CS5.Yogyakarta: Andi.

Permendikbud. 2014. Permendikbud RI No. 84 Tahun 2014 Yang Mengatur Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Lembaran Negara RI Tahun 2014, No. 84. Jakarta. Kemendikbud

Moleong,L.2015.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Yang Mengatur Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 20. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rusman.2013.Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21.Bandung:Alfabeta.

Sadiman, Rahardjo, dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

10-02-2023

How to Cite

Farioza, Y., & Wirman, A. (2023). Pelaksanaan Pengenalan Lambang Bilangan Menggunakan Adobe Flash CS5 dalam Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1117–1123. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5397

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check