Analisis Kebutuhan: Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajar Fisika bagi Peserta didik di Pulau Enggano
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5487Keywords:
Augmented Reality, Media Pembelajaran, Pulau EngganoAbstract
Perkembangan dibidang Pendidikan dapat ditunjukan dengan munculnya berbagai sumber belajar, metode pembelajaran dan media pembelajaran yang begitu canggih dari cetak menjadi elektronik. Salah satunya dapat berupa media augmented reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran fisika di SMA di Pulau Enggano. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah 23 siswa dari kelas XII MIPA. Instrumen pengumpul data yaitu angket, pedoman wawancara untuk guru, analisis dokumen bahan ajar, lembar observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran yang digunakan berupa handphone, infocus dan ppt. Siswa lebih tertarik jika lebih banyak menggunakan video, animasi dan dapat digunakan dengan mudah mengingat terdapat beberapa kendala yang di hadapi di wilayah Pulau Enggano. Sehingga siswa membutuhkan media tambahan dalam proses pembelajaran yang dapat memudahkan dalam memahami materi fisika seperti media (AR). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajar fisika di SMA Pulau Enggano masih memerlukan pengembangan.
References
Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910
Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Eksakta, 2(1), 34–40.
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. 2(6), 1–14.
Gusmida R., Isnani N., Rahmad M. (2016). Development of physics learning media using augmented reality in gas kinetic theory for senior high school grade XI. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3, 1–12.
Ilmawan, M. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Johan, H., Suhandi, A., Wulan, A. R., & Sipriyadi, S. (2018). Impact of Learning Earth Litosphere using Interactive Conceptual Instruction on Logic Thinking, Conceptual Understanding, and Spiritual Aspect Embedding. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 7–17. https://doi.org/10.15294/jpfi.v14i1.8259
Made, N., Suranti, Y., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. II(2), 73–79.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2019). Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Tekno, 29(2), 97. https://doi.org/10.17977/um034v29i2p97-115
Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edusains, 7(1), 57–63. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1215
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27, 7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7869
Uzun, N. (2012). A Sample of Active LearningApplication in Science Education: The Thema “Cell” with Educational Games. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 46, 2932–2936. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.592
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Elsi Adelia FitriAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).